PPDB Online SMP di Ciamis, Masih Ditemukan Salah Koordinat Lokasi

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 13:08 WIB
ppdb online ciamis
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis -

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Ciamis dilaksanakan secara online mulai Senin (6/7/2020) sampai 4 hari ke depan. Namun masih ada kendala yang dihadapi, yakni menentukan titik koordinat tempat tinggal calon siswa untuk penerimaan jalur zonasi.

Kepala SMPN 1 Ciamis Agus Sumantri mengatakan kendala yang dihadapi di hari pertama PPDB SMP dalam proses validasi. Masih banyak ditemukan operator yang kurang tepat dalam menentukan titik koordinat lokasi rumah calon peserta didik. Pendaftaran online ini tidak dilakukan orang tua siswa, tapi difasilitasi langsung oleh operator SD.

"Penentuan titik koordinat lokasi rumah jadi syarat untuk penerimaan jalur zonasi. Masih ditemukan yang kurang akurat. Termasuk juga kartu keluarga ditemukan dibuat belum 1 tahun," ujar Agus saat ditemui di sekolahnya, Jalan Jendral Sudirman Ciamis, Senin (6/7/2020).


Menurut Agus, penentuan koordinat secara akurat penting dilakukan. Hal itu guna mencegah manipulasi, juga dikhawatirkan siswa tak diterima karena salah menentukan lokasi rumah.

"Saat proses validasi kami langsung berkoordinasi dengan operator SD. Saat ada data yang tidak lengkap langsung dihubungi untuk diperbaiki. Setelah persyaratan lengkap baru diberikan nomor pendaftaran," katanya.

Agus mengapresiasi server Pemkab Ciamis yang sampai sejauh ini lancar tanpa ada kendala. Dalam PPDB online ini, calon siswa hanya bisa mendaftar di satu sekolah saja. Bila tidak diterima akan disarankan untuk masuk sekolah yang masih kosong.

Jalur penerimaan dibagi beberapa kuota, zonasi 50 persen, afirmasi untuk siswa miskin 15 persen, jalur prestasi 30 persen dan mutasi 5 persen. Bila jalur afirmasi dan prestasi tidak terpenuhi atau kosong di akhir pendaftaran, kuota dimasukkan ke zonasi.

"Hari pertama ini, pendaftar sudah mencapai hampir 100 orang. Kami langsung melakukan validasi supaya ketika ada data yang kurang bisa segera diperbaiki. Validasi dilakukan saat jam kerja," tegasnya.


Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan PPDB online SMP baru dilaksanakan pertama skala kabupaten. Diharapkan PPBD online ini adanya pemerataan peserta didik untuk seluruh sekolah.

"PPDB online di Ciamis dilaksanakan satu gelombang. Semoga lebih efektif dan memudahkan orang tua siswa. Sehingga mewujudkan pemerataan peserta didik di setiap sekolah," katanya.


(ern/ern)