Pandemi Corona

Kunjungan Wisatawan Melonjak, Jalur Puncak Cianjur Macet Parah

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 19:13 WIB
Kemacetan di jalur Puncak Cianjur
Foto: Kemacetan di jalur Puncak (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Kemacetan parah terjadi di Jalur Puncak Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). Lonjakan wisatawan dari Ibu Kota diduga menjadi penyebab kemacetan di akhir pekan ini.

Berdasarkan pantauan detikcom mulai pukul 16.00 WIB, antrean panjang kendaraan terjadi mulai di jalur puncak tepatnya di perbatasan Cianjur-Bogor hingga Desa Ciherang Kecamatan Pacet. Panjang antrean kendaraan mencapai sekitar 15 kilometer.

Tidak hanya di jalur utama, kemacetan juga terjadi di jalur-jalur alternatif. Hingga pukul 18.00 WIB, kemacetan masih belum selesai. Terpantau antrean kendaraan didominasi mobil plat B yang sudah berlibur dari sejumlah destinasi wisata di Cianjur.

Wawan (27) salah seorang pengendara mengaku dia hendak pergi ke Bogor untuk urusan keluarga. Namun dia terjebak macet mulai dari kawasan Cipanas dari pukul 16.30 WIB.

Tetapi hingga pukul 18.00 WIB, dia baru bisa sampai di kawasan Hanjawar Desa Ciloto Kecamatan Cipanas. "Sudah 1,5 jam tapi belum bisa sampai puncak. Macetnya parah. Padahal minggu lalu tidak macet begini," kata dia.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Ricky Adhipratama mengatakan ada beberapa faktor kemacetan parah di Cianjur, di akhir pekan ini. Salah satunya karena adanya lonjakan wisatawan.

"Macetnya karena ada yang wisata untuk di jalur puncak. Selain itu ada juga kemacetan di perkotaan karena aksi unjuk rasa," kata dia via telepon seluler, Minggu (5/7/2020).

Menurutnya untuk mengurai kemacetan, sistem buka tutup arus lalu lintas diterapkan di jalur puncak. "Di puncak buka-tutup. Supaya kemacetan bisa segera selesai, kami sedang upayakan," ujarnya.

(mso/mso)