5 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Sukabumi, 1 Orang Hilang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 18:12 WIB
Ilustrasi
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Sukabumi -

Lima orang wisatawan terseret ombak di pesisir Teluk Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Empat korban berhasil diselamatkan sementara satu orang dinyatakan hilang.

Informasi dihimpun, kejadian pertama sekitar pukul 12.00 WIB, Minggu (5/7/2020) menimpa Soleh Suparto warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan Faisal Pratama warga Kabupaten Bekasi.

Mereka diketahui berenang di Pantai Kapitol, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok. Saat sedang berenang, tiba-tiba ombak besar datang dan menghantam keduanya.

"Relawan lifeguard saat itu juga melakukan pertolongan kepada kedua korban, Faisal berhasil diselamatkan tapi korban atas nama Soleh hilang. Korban selamat dibawa ke Puskesmas Cisolok untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut," kata Kasat Polair Polres Sukabumi, AKP Tri Andri kepada wartawan.

Peristiwa kedua terjadi di Pantai Citepus, Istana Presiden, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Tiga orang wisatawan masing-masing Miko Aris (18), Galang (20) dan Reza (18) mereka warga Kabupaten Tangerang.

"Awalmya dua korban Miko dan Galang terseret ombak ke tengah, temannya bernama Reza berusaha menolong. Namun nahas, mereka malah terbawa ombak," terang Tri.

Warga yang berada di lokasi kemudian berusaha memberikan pertolongan. Dua korban Miko dan Galang bisa diselamatkan dengan mudah, namun Reza sempat tersangkut karang di sekitar lokasi.

"Ketiganya akhirnya bisa diselamatkan, mereka langsung dibawa ke RSUD Palabuhanratu. Mereka langsung ditangani tim medis rumah sakit, kondisinya mulai membaik," jelas Tri.

"Sebelumnya kami sudah melakukan himbauan berulang kali kepada wisatawan untuk tidak berenang di pantai mengingat kondisi ombak cukup besar saat ini," tambah dia.

(sya/mso)