UTBK-SBMPTN di UPI, Gugus Tugas Jabar Siapkan 100 Alat Tes Swab

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 14:21 WIB
Peserta UTBK-SBMPTN dicek suhu tubuh
Foto: Peserta UTBK-SBMPTN di UPI dicek suhu tubuh (Siti Fatimah/detikcom).
Bandung -

Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan lampu hijau bagi kampus yang melaksanakan UTBK di tempat. Untuk melakukan pelacakan dan mencegah penyebaran COVID-19, Gugus Tugas akan melakukan swab test secara acak bagi peserta dan panitia.

"Hari ini kita agendanya meninjau pelaksanaan UTBK karena kita kan sudah memberikan surat rekomendasi untuk pelaksanaan UTBK dan ada beberapa aspek yang kita lihat," kata Divisi Deteksi Dini dan Pelacakan Kontak Gugus Tugas COVID-19 Jabar Gilang saat ditemui di UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Minggu (5/7/2020).

Dia mengatakan, peninjauan dilakukan melihat kepada penerapan protokol kesehatan. Selanjutnya, kondisi sekarang ini dikhawatirkan soal kerumunan yang menyebabkan adanya klaster baru.

"Kita juga sangat mengkhawatirkan kondisi sekarang, takutnya ada kerumunan dan jangan sampai ada klaster baru dari UTBK ini. Jadi kita coba buat meminimalisir semuanya," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, Gugus Tugas menyiapkan 100 alat pemeriksaan swab. Nantinya, swab test di UPI akan dilakukan pada Selasa (7/7/20200 mendatang. "Secara acak dan untuk proporsi belum ada proporsi yang jelas peserta berapa dan panitia berapa," tambahnya.

Dia mengatakan, berbeda dengan rapid test yang hanya menunggu lima menit sampai mendapatkan hasilnya, pemeriksaan swab akan diketahui tiga atau empat hari setelah pemeriksaan.

Jika ditemukan ada peserta atau panitia yang terindikasi COVID-19 dari hasil swab, pihaknya akan melakukan penanganan isolasi mandiri dan memberikan hasil kepada penyelenggara, dalam hal ini pihak UPI.

Direktur Direktorat Akademik UPI Asep Supriatna merespon baik pemeriksaan swab dari Gugus Tugas Provinsi Jabar. Pihaknya akan menyiapkan tempat, peserta, dan panitia yang akan melakukan swab tes.

"Bagus, positif, itu kan meyakinkan kita (kalau UTBK aman). Kita menyiapkan tempat, peserta, panitia yanh akan di tes. Kalau mereka punya mungkin kita bisa mengajukan tambahan tapi kan dibagi-bagi," ujarnya.

Tonton video 'Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri':

(mso/mso)