UTBK-SBMPTN di ITB, Gugus Tugas Akan Lakukan Sampling Rapid Test

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 09:16 WIB
kampus
Foto: Suasana Kampus ITB ((dokumentasi ITB)
Bandung -

Pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Intitut Teknologi Bandung (ITB) berlangsung hari ini, Minggu (5/7/2020). Setelah pelaksanaan ujian, Tim Satuan Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan melakukan sampling rapid test bagi peserta.

"Sudah disampaikan oleh Satgas Provinsi pada saat rapat, nanti akan ada sampling rapid test setelah ujian. Kalaupun dilakukan rapid test sebelum ujian, nanti crowdednya saat rapid test," kata Koordinator Pelaksana Achmad Rochliadi dalam konferensi pers melalui zoom meeting, Minggu (5/7).

Lebih lanjut, Achmad menyampaikan, seluruh peserta tidak diwajibkan membawa surat bebas COVID-19 atau surat keterangan sehat. Pasalnya selama pelaksanaan pihaknya sudah melibatkan tim dokter dan kesehatan yang sesuai dengan saran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pusat UTBK-ITB juga menyiapkan tim kesehatan yang akan melaksanakan mitigasi terhadap kasus dugaan COVID-19. Panitia akan menempatkan satu dokter dan dua perawat di setiap lokasi ujian. Mereka akan menggunakan APD level 1 dan APD level 2 juga tersedia ambulans di setiap lokasi.

"Kriteria ikut ujian atau tidak oleh dokter. Tentunya dokter kami punya spesifikasi lebih, kompetensi dokter sudah jauh dari dokter yang diminta oleh nasional," tambahnya.

Sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, pelaksanaan ujian fisik hanya bagi peserta yang berasal dari Jabar saja. Sekitar 500 peserta UTBK ITB tercatat berasal dari luar Jabar. Namun panitia akan mengecek ulang karena banyak di antaranya yang ber-KTP luar Jabar tetapi sudah tinggal lama di Bandung.

"Selama yang bersangkutan sudah bisa membuktikan 14 hari di Bandung dan dinyatakan memenuhi syarat untuk ikut ujian, maka boleh tetap ikut ujian," kata Achmad.

Sekedar informasi, peserta UTBK di ITB 2020 akan diikuti 16.648 orang dengan rincian 14.419 sebagai pendaftar umum dan 2.229 sebagai pendaftar jalur KIP-K.

Pelaksanaan ujian dibagi ke dalam dua gelombang, pertama pada 5-14 Juli 2020 dan gelombang kedua pada 20-21 Juli 2020. Dalam sehari akan ada dua sesi ujian, sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 14.00 WIB.

Tonton video 'Ujian Tulis SBMPTN, Peserta Harus Tau 5 Hal Ini':

(mso/mso)