Kampus ITB Jadi Lokasi UTBK, Begini Panduan Protokol Kesehatannya

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 11:23 WIB
logo itb
Foto: logo itb
Bandung -

Institut Teknologi Bandung (ITB) akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Minggu (5/7/2020). Pihak ITB menerapkan berbagai protokol kesehatan selama pelaksanaan ujian.

"Pada pelaksanaan UTBK 2020, pusat UTBK ITB dapat menampung 28.820 orang peserta UTBK-SBMPTN dan telah menyiapkan gedung lokasi ujian di kampus ITB sendiri juga di lima sekolah mitra," kata Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (4/7/2020).

UTBK itu akan dilaksanakan dalam dua tahap, yakni tahap pertama pada 5-14 Juli 2020 dan tahap kedua pada 20-29 Juli 2020. Pihak ITB juga akan menyediakan lebih dari 790 unit komputer termasuk di mitra sekolah.

Tonton juga 'Tim UNPAD dan ITB Tunjukkan 3 Alat Pendeteksi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

Arief menjelaskan, akan ada panduan peserta dan protokol kesehatan yang disiapkan. Bagi peserta, diwajibkan untuk datang satu jam lebih awal kemudian akan diarahkan menuju ruang transit.

"Sebelum memasuki ruang transit, seluruh peserta di cek suhu oleh tim medis. Bagi peserta yang memiliki suhu di atas 37,5 derajat Celsius akan dilakukan protokol kesehatan lebih lanjut," katanya.

Di ruang transit, menurut Arief, peserta diperbolehkan untuk membereskan peralatan yang tidak diperlukan selama ujian atau ke toilet. Kemudian tim marshal akan mengantar peserta ke ruang ujian.

"Selalu kenakan masker medis (bukan masker kain) selama di lokasi ujian. Dan untuk mendukung isolasi mandiri 14 hari sebelum ujian, kami melarang peserta melakukan survey ruang ujian," ujar Arief.

Di kampus lain, seperti Universitas Padjadjaran (Unpad), ada ketentuan yang mewajibkan peserta UTBK membawa hasil tes Corona (bebas COVID-19) baik itu rapid dan swab test. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak mewajibkan hal itu.

ITB tidak mewajibkan peserta UTBK untuk rapid test sebelum ujian. Namun para peserta wajib mengikuti sejumlah protokol kesehatan, di antaranya memakai masker dan membawa hand sanitizer.

"Pusat UTBK ITB tidak mensyaratkan surat keterangan bebas COVID-19 atau surat keterangan kesehatan dari dokter," kata Arief menegaskan.

(bbn/bbn)