Gubernur Banten Minta Pertanian Bisa Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 17:28 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim
Gubenrur Banten Wahidin Halim (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Lebak -

Gubernur Banten Wahidin Halim meminta sektor pertanian di Banten jadi salah satu faktor pemulihan ekonomi dampak pandemi Corona atau COVID-19. Sektor ini katanya harus bisa memastikan kebutuhan pokok warga.

"Masyarakat butuh kebutuhan pokok, kekuatan pertanian bisa menjadi ketahanan pangan dan memastikan stok kebutuhan," kata Wahidin dalam keterangan di Lebak, Jumat (2/7/2020).

Saat melihat perkebunan cabai di Sajira, Lebak, Wahidin meminta Dinas Pertanian menggerakkan sektor pertanian lebih masif. Beberapa kebutuhan selain padi seperti cabai, labu, oyong, ketela atau yang lainnya agar ditingkatkan komoditasnya.

Sektor ini, katanya dinilai bisa menumbuhkan perekonomian wilayah. Apalagi, industri dan perdagangan masih terdampak krisis akibat pandemi.

Ia juga menyoroti soal ketersediaan lahan di daerah selatan Banten. Daerah ini perlu diperkuat pertaniannya untuk mendukung industri di bagian utara.

"Memperkuat basis pertanian bisa memperkuat daya tahan masyarakat," katanya.

Sejauh ini, stok pangan dari produk pertanian ia klaim masih cukup hingga Oktober 2020. Harga relatif stabil meski ada penurunan daya beli masyarakat.

"Daya beli masyarakat berkurang tapi kebutuhan pokoknya terpenuhi. Harga sembako masih stabil, jadi tidak mengkhawatirkan," kata Wahidin.

(bri/bbn)