Level Kewaspadaan Jadi Zona Kuning, Begini Respons Bupati Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 17:03 WIB
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Pangandaran -

Status level kewaspadaan virus Corona di Kabupaten Pangandaran turun menjadi zona kuning dari sebelumnya zona biru. Pada pekan ini penambahan pasien konfirmasi positif Corona atau COVID-19 di Kabupaten Pangandaran bertambah enam orang.

Munculnya temuan kasus positif ini terjadi setelah dilakukan tes swab massal terhadap berbagai kalangan masyarakat. Hingga Jumat (3/7/2020), Kabupaten Pangandaran membukukan total 17 kasus positif Corona. Rinciannya sembuh 7 orang, menjalani isolasi mandiri 3 orang dan 7 orang masih menjalani perawatan.

Sementara itu sejak 1 Juli 2020, Pemkab Pangandaran melonggarkan aktivitas pariwisata. Kebijakan yang semula mewajibkan semua pengunjung menjalani tes rapid, saat ini dihapus.

Pantauan detikcom, sejak pelonggaran itu, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke Pangandaran. Termasuk pada Jumat (3/7/2020), menjelang akhir pekan ini sejumlah wisatawan mulai berdatangan.

Kondisi ini membuat resah para pelaku wisata di Pantai Pangandaran. Mereka yang baru saja bersemangat menyambut kedatangan wisatawan harus didera kabar Pangandaran jadi zona kuning.

"Tapi kan yang positif itu bukan di kawasan wisata, jadi di kawasan wisata mah aman," kata Marini (38), pedagang suvenir di pantai barat Pangandaran.

Dia mengatakan para pelaku wisata di Pangandaran sudah berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, kata dia, pelaku wisata meminta agar aktivitas pariwisata tidak ditutup.

Selanjutnya
Halaman
1 2