Pandemi Corona

Wamendes Dorong Desa Produktif Jadi Penyangga Pangan Nasional

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 17:26 WIB
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi
Foto: Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi (Ismet Selamet/detikcom).Cehah Krisis Akibat Pandemi, Wamendes Minta Desa Produktif jadi Penyangga Pangan Nasional
Cianjur -

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes) Budi Arie Setiadi mendorong desa mampu menjadi penyangga pangan nasional. Pasalnya pandemi COVID-19 ini cukup memberi dampak terhadap ketersediaan pangan.

Menurut Budi kondisi pandemi COVID-19, membuat banyak negara melarang produk pangannya di ekspor ke luar. Dengan begitu Indonesia harus mandiri pangan agar ketersediaan dalam negeri bisa terjaga.

"Dunia mengalami kondisi krisis pangan, sehingga negara-negara melarang produk pangannya diekspor. Makanya desa ini yang didorong untuk produktif, supaya bisa menjadi penyangga pangan nasional," kata Budi usai melakukan panen raya padi dan bawang putih di Cianjur, Kamis (2/7/2020).

Dari data penyebaran COVID-19, hanya 1-2 persen masyarakat di desa yang terpapar virus Corona. Kondisi itu yang membuat desa sangat berpotensi lebih produktif di tengah pandemi ini.

"Makanya kita motivasi, agar desa inovatif supaya bisa memproduksi pangan sendiri. Target jangka panjangnya, desa ini menjadi penopang pangan nasional, supaya Indonesia swa sembada pangan," ucapnya.

Dia pun mengaku bakal berkoordinasi dengan kementerian lain dalam memaksimalkan potensi tersebut."Kita yakin mampu, dan banyak contohnya yang sudah berjalan. Seperti di Cianjur ini desa terus mengembangkan pangan mulai dari beras hingga bawang putih. Kami akan maksimalkan melalui koordinasi program di kementerian lainnya," ujarnya.

(mso/mso)