Tak Dapat Informasi Penyebab Kematian Suami, Istri Gugat RS di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 12:48 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Foto: Ilustrasi (Ari Saputra).
Bandung -

Seorang istri menggugat sebuah rumah sakit swasta di Bandung. Gugatan perdata dilayangkan terkait kematian suaminya yang dinilai banyak merugikan pasien. Perkara sudah masuk persidangan dan dalam proses mediasi.

Gugatan itu dilayangkan seorang ibu bernama Ira Febri Yani melalui kuasa hukumnya Yos Faizal Husni ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung sejak Mei 2020 lalu. Perkara sudah ditangani PN Bandung dan masih dalam tahap mediasi.

"Gugatan ini sudah masuk dalam proses mediasi," ucap Yos saat dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020).

Dalam gugatannya yang juga dicantumkan di SIPP PN Bandung, Ira menggugat rumah sakit dengan gugatan materil dan immateril yang totalnya mencapai Rp 60 miliar. Selain itu, gugatan juga termasuk menyatakan perbuatan tergugat melakukan pembohongan publik, tidak memberikan informed consent kepada keluarga pasien, membuat cerita bohong dan menagihkan pembayaran yang tidak sesuai penggunaan.

"Dalam mediasi ini kita menyamakan dulu pemahaman, persepsi alasan gugatan apa. Jadi salah satu peristiwa dalam sudut pandang yang sama. Persamaan persepsi. Kedua prasangka suasangka yang buruk dihilangkan. Nah ini dalam tahap ini. Kelihatannya pihak sana merespons kalau bisa sama-sama musyawarah. Nah ini (tapi) ada beberapa hal yang belum ada titik temunya, jadi yang lain sudah sepakat untuk tidak sepakat, tapi ada beberapa hal yang belum sepakat untuk tidak sepakat," tutur Yos.

Yos menuturkan gugatan ini berawal usai suami Ira meninggal dunia di rumah sakit itu pada 16 Mei 2019. Saat itu, suaminya memang masuk rumah sakit pada tanggal 5 Mei 2019. Pada tanggal 11 Mei 2019, pihak rumah sakit mengambil tindakan biopsi atau pengambilan jaringan tubuh terhadap suami Ira yang memiliki riwayat sakit kanker.

Namun beberapa hari setelah diambil tindakan, suaminya justru meninggal dunia. Yos mengatakan Ira sempat mencari tahu penyebab kematian suaminya itu. Namun, pihak rumah sakit tidak memberikan penjelasan secara jelas.

Selanjutnya
Halaman
1 2