Heboh Kades Garut Jual Sekolah Negeri Rp 80 Juta, Begini Faktanya

ADVERTISEMENT

Heboh Kades Garut Jual Sekolah Negeri Rp 80 Juta, Begini Faktanya

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 17:41 WIB
Geger kades di Garut menjual sekolah negeri
Kades di Garut jual tanah dan bangunan sekolah negeri di medsos (Foto: Istimewa)
Garut -

Heboh kabar kepala desa menjual tanah dan bangunan sekolah dasar milik negeri seharga Rp 80 juta di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemkab Garut mengklarifikasi peristiwa tersebut. Ternyata tanah itu ditukar guling.

Pada Rabu (1/7/2020) sore, Pemkab Garut memanggil pihak-pihak yang terkait dalam kasus tersebut. Di antaranya perwakilan SDN Jayamukti 3 serta pihak pembeli tanah.

Asda I Pemda Garut Nurdin Yana mengatakan berdasarkan keterangan pihak sekolah, tanah dan bangunan sekolah itu dijual untuk membeli tanah baru yang lebih aman.

"Tadi sudah dikonfrontir, jadi penjualan tanah itu dananya untuk membeli tanah untuk bangunan sekolah baru," kata Nurdin di kantor Pemkab Garut.

Sekolah tersebut ternyata berdiri di atas tanah milik desa. Menurut Nurdin, sekolah tidak aman berada di tanah tersebut lantaran rawan terjadi longsor.

Pihak sekolah, sambung Yana, bersepakat dengan desa untuk menjual tanah tersebut dan menggantinya di tempat yang baru. Uang hasil penjualan tanah akan digunakan membeli tanah baru untuk bangunan sekolah.

"Jadi bukan untuk keuntungan pribadi," ucap Nurdin.

Pihak SDN Jayamukti 3 sepakat memindahkan lokasi setelah menerima masukan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait kerawanan bencana di lokasi tersebut. "Tanahnya ditukar guling, hasil dari penjualan dibelikan lagi tanah," ujar Nurdin.

(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT