HUT Bhayangkara, 24 Warga Cirebon yang Lahir 1 Juli Dapat SIM Gratis

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 16:35 WIB
Puluhan warga yang ulang tahun hari ini dapat sim gratis dari Polresta Cirebon
Puluhan warga yang ulang tahun hari ini dapat sim gratis dari Polresta Cirebon (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Sedikitnya 24 warga Kabupaten Cirebon yang lahir pada 1 Juli mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) gratis dari Polresta Cirebon. Program SIM gratis tersebut merupakan rangkaian dari Hari Bhayangkara ke-74.

"Polri memberikan apresiasi kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli. Total ada 24 orang yang mendapatkan SIM gratis," kata Kanit Regident Sat Lantas Polresta Cirebon AKP Eryda Kusumah di Mapolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (1/7/2020).

Eryda menerangkan untuk prosedur program gratis bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli ini tak berbeda dengan pelayanan SIM pada umumnya. Pemohon SIM tetap mengikuti uji teori dan praktik.

"Kita kerja sama dengan BRI. Prosesnya sama, tidak ada bedanya," kata Eryda.

Di tempat yang sama, Mahrupin (48) mengaku senang bisa mendapatkan SIM gratis. Mahrupin salah satu pemohon SIM gratis. Pemohon SIM Yang lahir pada 1 Juli 1972 itu mengaku terbantu.

"Alhamdulillah sangat terbantu sebagai masyarakat kecil ada SIM gratis ini," kata Mahrupin, warga Desa Cempaka, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon itu.

Mahrupin mengaku saban harinya bekerja sebagai buruh harian. Penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Pertama kali ikut uji SIM, ya karena faktor ekonomi jadi baru sekarang. Kan ada program SIM gratis. Dikasih tahu sama teman. Alhamdulillah lulus. Sekarang jadi tidak khawatir lagi kalau ada razia polisi," kata Mahrupin sembari tersenyum.

(mud/mud)