HUT Bhayangkara, Kapolda Banten Bicara Disiplin Kesehatan Warga

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 15:00 WIB
Kapolda Banten Irjen Fiandar
Kapolda Banten Irjen Fiandar (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Kapolda Banten Irjen Fiandar mengatakan bahwa pendisiplilan protokol kesehatan jadi perhatiannya selama masa pandemi Corona. Ada pasang surut disiplin di tengah masyarakat yang jadi evaluasi jajaran.

"Ada pasang surut (penggunaan protokol kesehatan), ini jadi bahan evaluasi kita untuk kita tingkatkan lagi sehingga kedisiplinan masyarakat bisa dijaga," kata Fiandar di Mapolda Banten, Serang, Rabu (1/7/2020).

Amanat Presiden Jokowi di Hari Bhayangkara ke-74 agar kepolisian di daerah termasuk Banten agar menerapkan disiplin selama pandemi. Kepolisian diminta melakukan penegakan disiplin humanis agar masker, cuci tangan diterapkan di tempat keramaian, industri, sampai pusat perbelanjaan.

Sebagai Polda yang masih melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pihaknya juga masih menjalankan operasi Aman Nusa di Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini juga membantu pemerintah setempat dalam penerapan disiplin selama pandemi.

Para anggota di lapangan juga diminta menjadi contoh penerapan protokol kesehatan. Ia meminta, jangan sampai ada masalah sosial yang timbul karena pandemi ini.

"Anggota jangan sakit dan jadi contoh protokol dilakukan. Jangan sampai ada masalah sosial yang timbul akibat wabah ini dan bagaimana meringankan beban warga melalui bantuan sosial," ujarnya.

Fiandar juga berharap tokoh masyarakat di Banten sama-sama memiliki tanggung jawab disiplin protokol kesehatan. Dukungan semua pihak dianggap penting agar pandemi segera teratasi.

(bri/mso)