Semester Pertama, Angka Kriminalitas di Banten Turun 30 Persen

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 14:49 WIB
Kapolda Banten Irjen Fiandar dan Wabup Tangerang Mad Romli pantau kesiapan warga terkait penerapan new normal
Foto: dok istimewa
Serang -

Kapolda Banten Irjen Fiandar mengatakan angka kriminalitasi di Banten turun di semester pertama 2020. Penurunan hingga 30 persen diperkirakan karena pandemi Corona.

"Krimialitas secara umum kita evaluasi Januari, Februari, Maret dengan April, Mei, Juni turun 30 persen. Mungkin karena aktivitas masyarakat dibatasi dan juga kesadaran masyarakat mudah-mudahan meningkat," kata Fiandar kepada wartawan di Serang, Rabu (1/7/2020).

Penurunan angka sampai 30 persen ia anggap cukup lumayan, karena biasanya angka kriminalitas selalu meningkat setiap periodenya.

Fiandar menegaskan bahwa selama pandemi, Polda Banten akan fokus menerapkan disiplin kesehatan secara humanis kepada warga. Hal ini sebagaimana instruksi presiden saat Hari Bhayangkara ke-74.


Selama pandemi, para kriminal yang ditangkap di jajaran Polda Banten juga dilakukan rapid test agar tidak menjadi penyebar virus. Ketika reaktif, mereka akan diisolasi selama 14 hari di sel khusus. Namun jika ternyata negatif mereka akan dikembalikan ke sel bersama tahanan lain.

"Rapid test aman, baru bergabung dengan sel lain, jadi jangan mencemari tahanan lama yang sudah clear," pungkasnya.

(bri/ern)