Dapat Restu Ridwan Kamil, Bandung Barat Siap Terima Wisatawan Luar Jabar

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 14:27 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Mulai pekan ke dua di bulan Juli objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap menerima kunjungan wisatawan dari luar Jawa Barat.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengungkapkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengenai rencana tersebut dan langsung mendapatkan restu.

"Minggu depan wisata KBB dibuka untuk wisatawan luar Jawa Barat. Barusan sudah komunikasi dengan Pak Gubernur. Kalau tidak ada kejadian di Bogor, besok juga sudah bisa buka. Tapi karena ada reaktif di Puncak, maka menunggu evaluasi dan ditunda seminggu," ungkap Umbara kepada detikcom, Rabu (1/7/2020).

Umbara mengatakan alasan mengizinkan wisatawan dari luar Jawa Barat berkunjung seiring dengan berakhirnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan hasil evaluasi selama sebulan wisata KBB dibuka.

"Kita juga melihat penurunan kasus COVID-19 di KBB. Kita sempat berbincang juga dengan pengelola wisata dan mereka siap menerima tamu dengan protokol kesehatan," terangnya.

Sebelum membuka objek wisata untuk wisatawan luar Jabar, pihaknya bersama kepolisian akan mengecek penerapan protokol kesehatan penerimaan wisatawan luar Jawa Barat.

"Nanti dengan Kapolres dan Dandim akan mengecek wisata di akhir pekan ini. Yang terpenting itu kan protokol kesehatan apalagi pembatasan kunjungan naik jadi 50 persen," tegasnya.

Sementara itu Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki meminta pengelola wisata memperketat penerapan protokol kesehatan menjelang kedatangan wisatawan luar Jawa Barat.

"Intinya protokol kesehatan yang harus diperketat, kalau longgar tidak akan kami izinkan buka untuk wisatawan luar Jabar, bahkan bisa kami tutup lagi," katanya.

(mso/mso)