HUT Bhayangkara, Ridwan Kamil Ingatkan Pengamanan Pilkada di Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 12:53 WIB
Ridwan Kamil dan kapolda jabar
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan tugas pengamanan kepolisian di Jawa Barat belum usai. Setelah mengamankan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna mencegah penyebaran COVID-19, polisi juga diminta persiapan pengamanan Pilkada di Jabar.

"Rutinitas kepolisian ini silih berganti tantangannya, setelah COVID-19 emergency kesehatan, kepolisian bersama kami akan mengawal kebangkitan ekonomi. Bulan-bulan ke depan dan juga menjaga kondusifitas Pilkada," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil usai menghadiri upacara HUT Bhayangkara di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

Ada delapan daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada bulan Desember mendatang. Menurut Emil, pelaksanaan Pilkada Serentak perlu juga pengamanan yang ekstra.

"Insya Allah Polda Jabar bisa melaksanakan dengan baik. Saat COVID-19 walaupun ekonomi sempat terkendala, dalam perhelatan politik. Karena sejarahnya tidak pernah permasalahan demokrasi di Jabar, Pilgub, Pilpres, aman terkendali. Tidak ada peluru yang lepas, tidak ada kaca yang pecah, semua terkendali dari polisi," tuturnya.

Emil menyatakan hubungan antara Pemerintah Provinsi Jabar dengan Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi selama ini berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan kekompakan saat menangani permasalahan COVID-19.

"Kami ini Forkopimda khususnya sekarang, kita kompak, karena kita dites dengan situasi yang sulit, berperang dengan COVID-19. Kami juga menjaga hubungan baik, kita sepeda bareng, motoran bareng dan juga kita akan kawal, menjamin keamanan pertahanan juga," ujarnya.


Sementara itu Kapolda Jabar mengaku tanpa adanya sinergitas antara pemerintah hingga TNI, situasi kamtibmas di Jabar terutama saat penanganan COVID-19 tak berjalan lancar.

"Saya terimakasih kepada semuanya, tidak ada apa-apanya tanpa sinergitas dengan TNI. Saya bersyukur dan saya bangga membantu gubernur selaku kepala gugus tugas, untuk menangani covid 19. Semua yang dikerjakan di sini karena kita kompak selalu," kata Rudy.

(dir/err)