HUT Bhayangkara, Difabel Cirebon Dapat SIM Gratis

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 10:42 WIB
SIM Gratis untuk Difabel di Cirebon
Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi berbincang dengan difabel. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Mira (39), sumringah saat mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) D gratis dari Sat Lantas Polresta Cirebon. SIM D merupakan SIM khusus bagi difabel.

Mira datang ke Polresta Cirebon dengan sepeda motornya yang sudah dimodifikasi. Motor bebek milik Mira dimodifikasi, disesuaikan dengan kondisi fisiknya. Motornya beroda tiga. Selain itu, Mira juga memodifikasi pedal untuk oper gigi menggunakan tuas.

Secara otomatis, pengoperasian sepeda motor milik Mira terfokus menggunakan tangan. Sebab, kaki Mira lumpuh sejak usia dini. Pria asal Desa Cengkung, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, itu menggunakan alat bantu untuk berjalan.

"Alhamdulillah senang bisa punya SIM. Kondisi seperti ini sejak kecil, sejak usia pas mau belajar berjalan," kata Mira saat berbincang dengan detikcom di Mapolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (31/6).

Mira berhasil lulus uji SIM, baik secara teori maupun praktik. Ia menggunakan motor bebek yang sudah dimodifikasi saat mengikuti ujian praktik SIM D.

Mira tak menampik masih banyak teman-teman yang ingin memiliki SIM D. Namun, terkendala karena tak memiliki kendaraan khusus, kendaraan yang telah dimodifikasi.

"Ya banyak. Susah karena kendaraannya tidak seperti ini," ujar Mira.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2