Pasien Positif Corona di Ciamis Bertambah 2 Orang

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 09:46 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Ciamis -

Kasus pasien terkonfirmasi positif Corona atau COVID-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali bertambah. Berdasarkan data dari Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) COVID-19 Ciamis, kasus positif bertambah 2 orang. Kini total pasien positif berjumlah 17 orang.

Dalam peta risiko COVID-19 Ciamis, kasus terkonfirmasi positif terbaru berada di wilayah Puskesmas Handapherang, Kecamatan Cijeungjing. Di peta itu wilayah tersebut menjadi warna merah.

Juru Bicara PIK COVID-19 Ciamis Bayu Yudiawan membenarkan terjadi penambahan pasien positif Corona di Kabupaten Ciamis. Namun ia belum bisa menjelaskan secara rinci riwayat dua orang terkonfirmasi positif tersebut. Pihaknya saat ini masih menelusuri.

"Iya, ada penambahan kasus konfirmasi 2 orang. Untuk riwayatnya kita masih telusur tracking dan tracing," ujar Bayu kepada detikcom, Rabu (1/7/2020).

Bayu menduga untuk kasus terbaru ini kemungkinan transmisi lokal. Salah satunya masih penyebaran di daerah Simpar. Pasien baru tersebut termasuk orang tanpa gejala.

"Untuk sementara mohon bersabar sampai telusur lengkap. Salah satunya masih penyebaran di daerah Simpar," kata Bayu.

Sebelumnya, diketahui satu orang pasien asal Panjalu meninggal dunia di RSUD Ciamis. Setelah dilakukan swab test, pasien tersebut terkonfirmasi positif COVID-19.

Dengan penambahan dua orang ini, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Ciamis menjadi 17 orang. Setelah sekitar seminggu sebelumnya telah terjadi penambahan sebanyak 4 pasien. Rinciannya terdiri 8 orang sembuh, 8 orang menjalani isolasi mandiri dan 1 orang meninggal.

Tonton video 'Setengah Juta Kematian Akibat Covid-19, WHO: Yang Terburuk Belum Datang':

(bbn/bbn)