Jalani Swab Test, 5 Pegawai RSGM Unpad Negatif Corona

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 09:38 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)

Direktur Utama RSGM Unpad Dudi Aripin menegaskan temuan OTG di RSGM itu tidak berarti membuat RSGM menjadi klaster penyebaran virus Corona. Alasannya, kedelapan OTG berkegiatan di tempat lain sebelum pemeriksaan dilakukan.

"Pemeriksaan swab terarah kemarin itu dilakukan sebagai tindakan preventif sesuai protokol kesehatan kepada 100 pegawai yang akan bertugas di RSGM pada Juli mendatang. Jadi mereka sebenarnya belum berkegiatan di RSGM sebelum tes dilakukan. Dua orang residen yang terdeteksi positif pun sebenarnya sedang bertugas di RSHS, namun diikutkan dalam tes swab yang dilakukan di RSGM," ujar Dudi.

Menurut dia, fasilitas kesehatan khusus gigi dan mulut yang berada di Sekeloa Kota Bandung ini dipastikan aman untuk masyarakat. Tindakan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan telah dilakukan, tidak hanya di dalam lingkungan rumah sakit saja, namun juga ke daerah sekelilingnya seperti kampus FKG, asrama, dan masjid FKG.

Namun demikian, Dudi menyatakan rencana pembukaan operasional RSGM yang sedianya dilakukan 1 Juli 2020 besok, akan diundur setidaknya sampai hari Senin (6/7) depan. Hal itu diputuskan karena saat ini tim Satgas COVID-19 Unpad yang diwakili tim AMARI beserta pihak RSGM masih contact tracing yang ketat untuk memastikan situasi benar-benar aman.

Halaman

(bbn/bbn)