Jalani Swab Test, 5 Pegawai RSGM Unpad Negatif Corona

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 09:38 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Lima dari delapan orang pegawai Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran (Unpad), Kota Bandung, dinyatakan negatif Corona atau COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan swab ketiga. Sebelumnya mereka terdeteksi positif COVID-19 tanpa gejala.

Ketua Satgas COVID-19 Unpad Setiawan mengatakan dari hasil ini bisa dipastikan fase infeksi telah terlewati dan terbentuk antibodi pada kelima Orang Tanpa Gejala (OTG) tersebut. Kini kelimanya sudah kembali ke rumah masing-masing usai isolasi mandiri di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Masyarakat sekitar diharapkan tidak khawatir, tidak perlu memberikan stigma terhadap kelima OTG ini dan keluarga. Justru setiap orang yang dinyatakan positif COVID-19 memerlukan dukungan sehingga dapat melaksanakan isolasi dan menjalani penanganan secara lebih baik," kata Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (1/7/2020).

Dua orang lainnya, kata Setiawan, masih menunggu jadwal untuk pemeriksaan swab sambil isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Diketahui, mereka merupakan staf medis gigi dan mulut yang sedang bertugas sebagai residen di RSHS, namun ikut mendapatkan pemeriksaan swab terarah yang dilakukan di RSGM, Kamis (26/6) lalu.

Sementara satu orang lagi berada di Kabupaten Bandung untuk isolasi mandiri. Sehubungan dengan itu, kata Setiawan, penanganan yang bersangkutan diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar dan Kabupaten Bandung.

Selanjutnya
Halaman
1 2