Sumedang Menuju Zona Hijau, Bupati: Tunggu Tiga Pasien Sembuh

M Rizal - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 21:10 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Foto: Muhammad Rizal
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta Gugus Tugas Penanganan percepatan COVID-19 Sumedang untuk menangani tiga pasien positif dengan baik supaya daerah Kabupaten Sumedang bisa masuk zona hijau.

Pasalnya hingga saat ini Kabupaten Sumedang masih masuk zona biru atau masih ada pasien positif yang masih ditangani. Maka dari itu, untuk bisa masuk zona hijau ketiga pasien tersebut harus sembuh dan tidak ada lagi kasus baru.

"Kita sudah menyampaikan ke semua Gugus Tugas, cepat sembuhkan 3 pasien lagi, tangani dengan baik dan jangan ada penambahan kasus," kata Dony Ahmad Munir saat ditemui di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020).

Dony menyebutkan, saat ini kondisi tiga pasien positif tersebut sudah semakin membaik, hanya saja saat dilakukan swab test terakhir, hasilnya belum negatif.

"Mudah-mudah yang tiga orang ini sembuh, dan kita menuju zona hijau serta bebas dari kasus COVID-19. Tapi catatannya tidak ada penambahan kasus," katanya.


Agar Sumedang bisa masuk zona hijau, kata Dony, pihaknya juga meminta agar dalam masa new normal atau adapatasi kebiasaan baru (AKB) ini semua satuan perangkat kerja Daerah (SKPD) memonitor sekaligus mengawasi satuan kerjannya sesuai tupoksinya.

"Tempat wisata oleh Disbudparpora, pasar oleh Dinas Perdagangan dan kami dari Forkopimda juga terus melakukan monitoring ke setiap SKPD," ucap Dony.

Menurutnya, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan secara disiplin memang sangat penting dalam kondisi AKB ini, pasalnya kondisi pandemi COVID-19 belum seluruhnya selesai atau dalam keadaan aman.

"Saya juga sudah keliling ke setiap SKPD, bagi-bagi tugas dengan pak Wabup dan pak Sekda untuk melakukan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang didalamnya menyampaikan tentang penanganan COVID-19," ucapnya.

(ern/ern)