Alun-alun Sumedang Dibuka, Warga Berkunjung Terapkan Protokol Kesehatan

Muhamad Rizal - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 19:30 WIB
Warga mulai beraktivitas di alun-alun Sumedang
Warga mulai beraktivitas di alun-alun Sumedang (Foto: Muhamad Rizal)
Sumedang -

Pada fase new normal atau adaptasi kebiasaan baru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang secara resmi membuka alun-alun dengan dibatasi jam operasionalnya.

Alun-alun yang baru saja di resmikan ini langsung ditutup oleh pihak pemerintah karena sedang dalam masa pandemi COVID-19. Selam 3 bulan alun-alun tersebut ditutup, maka tidak heran begitu dibuka kembali langsung dipenuhi warga yang bermain, berolahraga dan nongkrong.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan alun-alun mulai sekarang sudah dapat dinikmati kembali oleh warga masyarakat. Hanya saja, dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, pihaknya membatasi jam operasional dengan menjadikan dua sesi.

"Kita buka sarana umum seperti alun-alun tapi kita batasi jam operasionalnya, Pertama pagi-pagi pukul 06.00-09.00 pagi kemudian yang kedua pada pukul 15.00-18.00 sore," kata Dony kepada detikcom, Minggu (28/6/2020).

Namun dibukanya alun-alun ini, kata Dony, tidak lepas dari pengawasan pihak pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Petugas Satpol PP yang akan berpatroli memberikan imbauan kepada pengunjung yang datang.

"Ada petugas kami dari Satpol PP yang menjaga dilokasi, Dan terus woro-woro menyampaikan tentang protokol kesehatan dan membubarkan kerumunan yang ada," katanya.

Selain itu, Pihaknya juga akan membatasi jumlah pengunjung yang datang karena khawatir menimbulkan kerumunan massa.

"Dibatasi, yang jelas jangan melebihi dari kapasitas alun-alun selama ini sudah terkendali tidak terlalu banyak di alun-alun karena ini kita batasi yang masuknya itu," jelas Dony.

Selain itu, salah seorang warga, Fazrin (24) mengatakan pada masa new normal ini kondisi alun-alun Sumedang terlihat lebih tertib, sehingga dirinya tidak merasa ketakutan akan terpapar karena warga yang datang sudah menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker.

"Jadi lebih tertib disini, sama-sama menjaga protokol kesehatan. Yang penting pakai masker," ujar Fazrin.

Setelah dibukanya alun-alun ini, dirinya merasa senang karena bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Sehingga setiap hari dirinya bisa secara leluasa berolahraga.

(mud/mud)