Masuki New Normal, Satu Kelurahan di Cimahi Masih Zona Kuning

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 23:35 WIB
Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna
Foto: Whisnu Pradana
Cimahi -

Memasuki new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), Kota Cimahi masih menyisakan satu kelurahan yang masuk zona kuning. Saat ini ada 36 orang positif aktif, 59 orang sembuh dan tiga orang meninggal dunia.

Kelurahan Melong menjadi satu-satunya kelurahan yang masih berkutat di zona kuning. Sementara Kelurahan Cimahi, Citeureup, Cibeber, dan Padasuka berada di zona hijau. Sedangkan sisa 10 kelurahan lainnya ada di zona biru.

"Masih ada zona kuning, memang ada penambahan kasus positif tapi yang sembuh nambah banyak. Dan yang positif aktif menuju sembuh," ungkap Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, Sabtu (27/6/2020).

Kota Cimahi resmi memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) setelah berakhirnya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Jumat (26/6/2020) malam.

Kendati demikian, Dinas Kesehatan masih terus mewaspadai perkembangan kasus COVID-19 meskipun PSBB telah berakhir dan memasuki masa transisi.

"Kita sudah siap melakukan AKB, tapi dengan berbagai pengawasan ketat. Kita tetap waspadai perkembangan kasus COVID-19," bebernya.


Ajay mengklaim Pemkot Cimahi akan terus meningkatkan pelaksanaan rapid test dan swab test untuk memetakan sebaran kasus COVID-19 selama AKB.

"Kita memang akan melakukan tes COVID-19 secara massal menyasar pusat keramaian dan sesuai kajian epidemiologi. Tes ini juga akan dilakukan untuk jajaran ASN Pemkot Cimahi, mudah-mudahan sehat semuanya," tandasnya.

(ern/ern)