Kebun Binatang Bandung Buka Besok, Terapkan Sistem Buka Tutup

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 15:00 WIB
Kebun Binatang Bandung masih jadi favorit berlibur warga saat libur lebaran.
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung -

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden akan kembali dibuka esok hari, Sabtu (27/6/2020). Pembukaan kembali tempat wisata ini sesuai dengan keputusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang diterima manajemen kebun binatang pada Kamis (25/6/2020) kemarin.

"Alhamdulillah sekarang kita bisa beroperasi kembali. Dibuka dengan memperketat protokol kesehatan dan kapasitas 30 persen," kata Marketing Communication Bandung Zoological Garden Sulhan Syafi'i melalui pesan singkat yang diterima, Jumat (16/6/2020).

Kapasitas 30% menjadi syarat dibukanya tempat wisata. Adapun cara untuk menentukan kapasitas tersebut, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup.

"Pengunjung rata-rata Sabtu atau Minggu mencapai 6.000 orang, kita diperbolehkan menerima 30 persen dari jumlah itu. Teknisnya kita hitung dari tiket pintu masuknya, cuma satu pintu keluarnya juga di situ. Kalau udah batas 30 persen pakai sistem buka tutup 10 keluar 10 masuk," jelasnya.

Sejak seminggu terakhir, Sulhan mengatakan, setelah tutup lebih dari tiga bulan, karyawan kebun binatang melakukan bersih-bersih massal untuk mempersiapkan pembukaan kembali tempat wisata. Kemudian finalisasi persiapan hari ini, Jumat (26/6), dengan menghadirkan seluruh karyawan untuk melakukan persiapan agar esok hari dapat maksimal.

Sulhan mengatakan, pembelian tiket masih dilakukan secara manual. Adapun tiket masuk Kebun Binatang Bandung tetap dipatok sebesar Rp 40 ribu. Namun ada beberapa fasilitas yang masih ditutup. Salah satunya permintaan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana agar foodcourt tidak dibuka untuk menghindari adanya penularan COVID-19 di wilayah tersebut.

"Beberapa hal sudah kami persiapkan di pintu masuk seperti portir, keamanan, dan juga penjaga loket yang menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield," kata Sulhan.


Pengunjung yang masuk, kata dia, diminta menggunakan masker. Bila tidak, mereka tidak diperkenankan untuk masuk Kebun binatang Bandung. Bunbin Bandung menjadi salah satu tempat wisata yang terakhir buka setelah Lembang Park and Zoo di kabupaten Bandung Barat, Taman safari di Bogor, dan taman hewan Cikembulan di Garut.

"Kami berharap masyarakat kembali bisa menikmati satwa-satwa yang ada di kebun binatang. Bisa datang dan melihat kembali atraksi satwa (animal show) yang biasa dilaksanakan setiap hari," imbuhnya

Terakhir, pihak manajemen mengimbau agar pengunjung senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di kawasan Kebun Binatang Bandung.

Tonton juga video 'Menteri LHK: 29 Taman Nasional dan Wisata Alam Dibuka Bertahap':

(ern/ern)