Memasuki New Normal, Sejumlah Wisata di Ciamis Mulai Bisa Dikunjungi

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 11:05 WIB
Sejumlah destinasi wisata di Ciamis mulai beroperasi menjelang new normal
Sejumlah destinasi wisata di Ciamis mulai beroperasi menjelang new normal (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Belum ada keputusan terkait pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Ciamis. Namun sejumlah destinasi wisata di Ciamis sudah bisa dikunjungi.

Dinas Pariwisata Ciamis telah melakukan pemantauan ke beberapa lokasi wisata. Meski tak ada laporan secara resmi, namun geliat pariwisata di Ciamis kembali bangkit.

"Memang secara resmi tidak ada laporan, namun pantauan kami sudah ada geliat buka. Kami juga sudah berikan surat imbauan kepada pengelola obyek wisata di Ciamis agar menerapkan protokol kesehatan," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia kepada detikcom, Kamis (25/6/2020).

Budi menjelaskan protokol yang harus diterapkan, pengunjung yang boleh masuk harus menggunakan masker, pengelola menyediakan tempat cuci tangan, dan jaga jarak. Sesuai instruksi gubernur, wisata hanya dikunjungi warga Jabar saja.

"Untuk jaga jarak ini, membatasi pengunjung yang masuk. 50 persen dari kapasitas. Misalkan biasa menampung 100 orang, kini hanya 50 yang boleh masuk. Sisanya bergantian atau di sif. Kalau ramai harus dibatasi," jelas Budi Kurnia.

Beberapa destinasi wisata di Ciamis yang sudah buka, diantaranya Jati Sewu Cibungbang, Waterboom Sukahaji, Waterboom Sumberjaya, Darmacaang Hill, Wisata Air Cireong dan Cadas ngampar, juga Puncak Bangku ' Negeri di Atas Awan'. Sedangkan untuk wisata milik pemerintah belum ada yang buka seperti obyek situs Ciung Wanara Karangkamulyan, kolam renang Tirta.

"Sebetulnya mereka juga tidak secara resmi membuka. Tapi memang banyak wisatawan yang berdatangan. Tapi para pengelola melakukan antisipasi dengan protokol kesehatan," ungkap Budi.

Budi menjelaskan, untuk tiket di destinasi wisata di Ciamis sesuai dengan ketentuan masing-masing pengelola. Namun sejauh ini, tiket yang berlaku masih sama seperti sebelumnya. Meski ada pembatasan untuk kapasitas pengunjung.

"Sejauh ini belum ada peraturan wisatawan harus rapid atau swab test. Tapi yang jelas, kita Dinas Pariwisata menekankan kepada para pengelola untuk mentaati protokol kesehatan COVID-19," tegasnya.

Secara psikologis, masyarakat Ciamis maupun daerah sekitarnya sudah ingin kembali berwisata. Hal ini diharapkan berdampak baik pada geliat ekonomi masyarakat. Namun tetap dalam koridor pencegahan penyebaran COVID-19.

(mud/mud)