Cegah COVID-19 di Pelabuhan Cirebon, Petugas Cek Kesehatan ABK

Sudirman Wawad - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 10:53 WIB
Petugas cek suhu tubuh ABK
Petugas cek suhu tubuh ABK (Foto: Sudirman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Pangkalan TNI Laut (Lanal) Cirebon mengecek kondisi kesehatan anak buah kapal (ABK) di sejumlah kapal yang bersandar di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat.

Lanal Cirebon bersama Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cirebon dan Pelindo mengecek kesehatan seperti suhu tubuh dan lainnya ke semua ABK yang tengah bersandar. Petugas tak menemukan adanya ABK yang mengalami gejala klinis COVID-19.

"KSOP dan Pelindo ini sebenarnya selalu memeriksa saat kapal hendak bersandar. Nah, setelah lama bersandar kita lakukan pengecekan ulang. Ini bagian kewaspadaan, kan virus ini ada masa inkubasinya," kata Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi kepada awak media di Pelabuhan Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020).

Afif mengatakan virus Corona tak kasat mata. Sehingga, lanjut dia, perlu pengawasan ekstra untuk bisa mencegah penyebarannya. Pemeriksaan kesehatan ABK kapal itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19 di lingkungan pelabuhan.

"Di kapal itu kan pasti sering terjadi kontak antar orang atau. Maka penting adanya pemeriksaan. Kalau sudah berlayar, tidak ada yang monolog. Terkecuali mereka sendiri," katanya.

Selain memeriksa kesehatan ABK, Afaf mengatakan pemeriksaan dan mengedukasi masyarakat pesisir juga penting untuk memutus penyebaran COVID-19 di wilayah Lanal Cirebon. Sekadar diketahui, wilayah pesisir Kota Cirebon merupakan salah satu kawasan padat penduduk.

"Masyarakat pesisir harus tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

(mso/mso)