New Normal New Spirit

Pispun Bike Park, Trek Populer Andalan Pesepeda di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 11:35 WIB
Jalur Sepeda di Ciamis
Pispun Bike Park ini berada di perbatasan Kecamatan Cipaku dan Kecamatan Sadananya yang merupakan kaki Gunung Sawal. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ada trek yang populer bagi pecinta sepeda gunung atau mountain bike (MTB). Namanya Pispun Bike Park. Trek ini menjadi tujuan favorit pesepeda asal Ciamis dan luar daerah.

Pispun Bike Park ini berada di perbatasan Kecamatan Cipaku dan Kecamatan Sadananya yang merupakan kaki Gunung Sawal. Tepatnya di Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku. Dari perkotaan Ciamis menuju start gate, ditempuh sekitar setengah jam dari arah jalan Sadananya.

Trek ini populer karena memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Ada beberapa bagian trek yang bisa dijajal dari yang pendek hingga panjang. Dari yang hanya memerlukan waktu tempuh sekitar setengah jam hingga berjam-jam, sesuai keinginan pesepeda.

Turunan yang curam dan ekstrim. Di bawah trek terdapat beberapa jurang yang cukup dalam, menjadi tantangan para pecinta sepeda gunung untuk memacu adrenalin.

Namun dibalik trek yang cukup ekstrim ini, pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan cukup menarik perhatian. Dari ketinggian bisa melihat alam Ciamis. Juga dihiasi dengan hutan Pinus dan perkebunan warga.

Seorang pecinta sepeda gunung, Jaja Jack, yang juga anggota grup sepeda Mas Bergo Ciamis, mengatakan hampir setiap Minggu ia bersama rekan-rekannya menjajal trek tersebut. Meskipun berkali-kali tak pernah bosan.

"Memang di Pispun Bike Park ini ada beberapa pilihan trek, yang terbaru ada Puncak Pispun, lokasinya lebih tinggi. Pemandangannya juga indah dan sangat memacu adrenaline. Memang harus berhati-hati ada jurang dan turunan curam," ujar Jaja, kepada detikcom, Rabu (24/6/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2