Misteri 'Kapal Karam' di Pantai Sukabumi Terungkap!

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 17:49 WIB
Kapal Karam di Sukabumi
Foto: tangkapan layar Google Maps
Sukabumi -

Misteri penampakan benda mirip kapal karam di Pantai Cikembang, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, akhirnya terungkap. Kapal yang terekam itu merupakan kapal pengangkut batubara yang tengah bongkar muat.

Informasi tersebut diberikan Irwanto, Manajer Administrasi PT Indonesia Power UJP Palabuhanratu. Irwanto menduga gambar dalam citra satelit google tertumpuk dengan gambar sebelumnya, sehingga seperti kapal karam.

"Sebagai info, pecitraan awal 20 Maret 2019 ada pembongkaraan menggunakan MV. Intan Baruna. Pengambilan berikutnya bulan 12 Mei 2019, yang kapalnya sudah berangkat ke PLTU lain," kata Irwanto kepada detikcom, Senin (22/6/2020).

Irwanto mengaku sudah mengkonfirmasi langsung informasi itu langsung ke pihak yang berhubungan dengan kapal itu. "Bukan (kapal karam) itu sudah konfirmasi langsung ke manajernya," imbuh Irwanto.

Kapal karam di sukabumiKapal karam di sukabumi Foto: istimewa


Menurut Irwanto aktivitas bongkar muat itu dilakukan karena situasi ombak besar hingga akhirnya terpaksa dilakukan di perairan tersebut yang kemudian tertangkap oleh citra satelit google.

"Dulu kan karena ombak gede, ditampung dulu di tongkang baru digiring ke sini (PLTU)," ujarnya.

Terkait hasil citra satelit google Irwanto menduga gambar sebelumnya tertumpuk dengan gambar terbaru. "Ditumpuk gambarnya, kelihatannya jadi seperti kapal karam," jelas Irwanto.

Sebelumnya, warganet di Sukabumi heboh dengan kemunculan benda mirip kapal karam yang muncul di perairan Pantai Cikembang. Beragam asumsi bermunculan berdasarkan literasi sejarah dan IT.

Penampakan 'Kapal Karam' di Sukabumi dan Ragam Analisisnya:

(sya/ern)