Aneka Analisis soal 'Kapal Karam' di Sukabumi yang Terekam Google Maps

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 15:04 WIB
Kapal Karam di Sukabumi
Benda menyerupai kapal karam di lautan Sukabumi yang terekam Google Maps. (Foto: tangkapan layar Google Maps)
Sukabumi -

Penampakan 'kapal karam' di Perairan Pantai Cikembang, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih menyisakan tanda tanya. Berbagai dugaan soal wujud tersebut diperbincangkan publik. Suara pihak Google dinantikan guna menjawab rasa penasaran khalayak.

Kepada detikcom, sejumlah warga mengatakan ada beberapa gambar di peta satelit Google Maps yang menunjukkan benda mirip kapal itu berada di permukaan laut sebelum akhirnya pada posisi saat ini seperti berada di dasar air.

"Coba dilihat di Google Earth. Geser waktu pengambilan gambar satelitnya. Itu bukan kapal tenggelam, tapi kapal yang sedang berlayar. Di Google Maps gambarnya bisa saja dengan foto laut jadi seperti ada di bawah permukaan air," kata Mang Dedi, pengguna media sosial Facebook, sebagaimana dilihat detikcom, Senin (22/6/2020).

Penampakan Kapal Selam di SukabumiGambar pada 2017. (Foto: dokumentasi Nurman Susandi hasil tangkapan layar Google Earth)

Nurman Susandi, pengguna Google Earth dan pegiat IT di Sukabumi, justru menampilkan penampakan lainnya terkait benda misterius yang berada di perairan tersebut dari tahun ke tahun. Menggunakan fasilitas pengukur jarak, ia memperlihatkan perbedaan posisi kapal mulai dari 2017, 2018 dan 2019 serta kondisi terkini.

"Garis kuning ini saya tarik dari titik pin yang dipasang dari Pantai Cikembang menuju titik terakhir penampakan saat ini. Garis kuning jarak antara pantai menuju lokasi ini tidak saya ubah setting-nya sementara waktu atau timeline-nya saya ganti per tiap tahun mulai dari adanya penampakan sebuah kapal di tahun 2017," tutur Nurman saat membuka Google Maps untuk melihat titik 'kapal selam' itu.

Dari gambaran yang diperlihatkan, pada 2017 di garis waktu tercatat waktu 15 September 2017. Posisi kapal berada jauh dari ujung garis kuning yang merupakan penanda posisi kapal saat ini. Dilihat detikcom, posisinya memang jauh berbeda dengan letak saat ini.

Misterius! Penampakan Kapal Karam di Google Map Dicek:

Selanjutnya
Halaman
1 2