IGI Jabar: Sekolah di Zona Hijau Perlu Transisi 2 Bulan untuk Belajar di 'New Normal'

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 14:44 WIB
webinar trans studio bandung
Foto: istimewa
Bandung -

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jabar menyebut sekolah di zona hijau yang diperbolehkan menggelar pembelajaran secara tatap muka, memerlukan masa transisi selama dua bulan untuk pembiasaan belajar mengajar di masa new normal.

Hal itu dikatakan Ketum IGI Jabar Anwar Sanusi dalam Webinar yang diselenggarakan Trans Studio Bandung dan IGI bertajuk "Bersiap Lebih Awal: Back to 'New Normal' School", seperti yang dikutip dalam rilis yang diterima redaksi, Senin (22/6/2020).

"Diperlukan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait. Ketika keputusan dimulainya proses belajar mengajar sudah dimulai, sarana pendidikan harus benar-benar siap, diawali dengan masa transisi kurang lebih selama dua bulan," kata Anwar.

Menurutnya sekolah harus bersiap-siap, mulai dari pembersihan sarana pendidikan, aturan wajib menggunakan masker, protokol kebersihan, dan jaga jarak. Terpenting, kata Anwar, mengubah kebiasan praktisi pendidikan, orang tua, dan siswa.

Dalam acara yang sama, penulis buku Pandemic COVID-19 Pencegahan Pengendalian di Tempat Kerja dr. Suryo Wibowo menjelaskan, cara yang paling simpel mengajarkan anak untuk selalu berkomunikasi jika merasa sakit.

"Dan untuk para orang tua maupun guru lebih aware untuk tidak membiarkan anak sekolah saat keadaan tidak fit. Solusi disampaikan agar semua pihak dalam menghadapi back to new normal school tanpa rasa khawatir yang berlebihan," jelas Suryo.

Hal itu juga dikatakan COO Trans Studio Claudia Inkiriwang. Menurutnya diperlukan sistem cheklist meliputi kebiasaan baru, fasilitas sekolah yang harus diatur, manejemen kelas, dan tata cara penjemputan siswa.

"Adapula cheklist yang harus dilakukan orang tua, seperti menjaga kesehatan anak dari dalam, menyediakan cleaning kit untuk menjaga kebersihan mereka sendiri. Tak luput bagi pengajar bagaimana sebelum tiba di sekolah, saat di sekolah dan komunikasi dengan siswa serta orang tuanya," kata Claudia.

Sekedar diketahui, selain melakukan webinar back to school dua kali secara berturut-turut, Trans Studio juga akan menyelenggarakan Fun Holiday Program sepanjang Juni-Juli yang bisa diikuti siswa dan orang tua selama masih bersiap untuk sekolah pada masa New Normal.


190 Anak di Jabar Terinfeksi Covid-19, 3 Meninggal:

(ern/ern)