'Kapal Karam' di Pantai Sukabumi Terekam Google Maps, Milik Nazi?

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 09:10 WIB
Kapal Karam di Sukabumi
Benda menyerupai kapal karam di lautan Sukabumi yang terekam Google Maps. (Foto: tangkapan layar Google Maps)
Sukabumi -

Penampakan dan keberadaan benda mirip kapal karam di perairan Pantai Cikembang, Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih menjadi misteri. Tim Polisi Perairan (Polair) Polres Sukabumi dan TNI Angkatan Laut (AL) telah mengecek lokasi sesuai titik koordinat yang ada di aplikasi Google Maps. Namun pengecekan itu belum membuahkan hasil.

Beragam asumsi bermunculan. Salah satunya muncul dari pegiat sejarah Sukabumi, Irman Firmansyah. Ketua Yayasan Dapuran Kipahare tersebut menduga penampakan benda mirip kapal karam itu adalah kapal selam jenis U-Boat atau U-196. Kapal tersebut karam akibat menghantam ranjau yang dipasang oleh pihak sekutu.

"Dugaan milik tentara Nazi Jerman, karena ketika perang dunia dua mereka berkoalisi dengan Jepang mengerahkan 23 kapal selam di sekitar Laut Jawa dan Pantai Selatan. Cuma dikabarkan sekutu menyebar ranjau. Kemungkinan kena ranjau sekutu di tahun 45. Saat itu Jepang melemah kekuatannya dan (pihak) Jerman sendiri menyatakan hilangnya di sekitar situ," tutur Irman kepada detikcom, Senin (22/6/2020).

Menurut Irman, penjelasan soal dugaannya itu berdasar pada beberapa literasi sejarah yang dipelajarinya. Namun, ia belum mengetahui secara pasti apa sebenarnya benda yang menyerupai kapal tersebut.

"Dari penampakan visual memang mirip kapal selam, kemungkinan kapal selam Jerman U-196 yang sempat hilang di perairan Palabuhanratu. Tapi belum diketahui apa sebenarnya benda yang terlihat seperti kapal karam itu," ucap Irman.

Misterius! Penampakan Kapal Karam di Google Map Dicek:

Selanjutnya
Halaman
1 2