Cerita Gugusan Karang 10 Hektar di Lokasi 'Kapal Karam' Pantai Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 19:08 WIB
Lokasi Teluk Palabuhanratu
Teluk Palabuhanratu (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi -

Citra satelit Google Maps menangkap gambar mirip kapal karam di perairan Pantai Cikembang, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Kawasan perairan yang berada di wilayah teluk Palabuhanratu, Sukabumi itu diketahui terdapat gugusan karang yang cukup luas.

Ibrahim (60) salah seorang sesepuh nelayan mengatakan gugusan karang itu memiliki kedalaman air berbeda-beda namun paling dangkal kurang lebih 30 meter.

"Kami menyebutnya Karang Deet, Karang Pulo kawasan itu juga banyak disebar Badong buatan oleh nelayan untuk mendatangkan ikan," kata Ibrahim saat berbincang dengan detikcom, Minggu (21/6/2020).

Ibrahim mengatakan luas keseluruhan karang itu kurang lebih 10 hektar. Namun tidak menghampar. "Kalau total dulu pernah ada yang meneliti luasnya kurang lebih 10 hektar, jadi terputus-putus dan kalau dari sini bisa menyambung ke kawasan PLTU," imbuhnya.

Terkait citra satelit Google Maps, Ibrahim mengaku sudah melihat dari tetangga dan kerabatnya. Sepanjang usianya tinggal di kawasan itu, Ibrahim baru mengetahui ada kapal sebesar itu di wilayah perairannya.

Posisi karang juga disebut Ibrahim juga terlihat di Google Maps dengan gambaran gelap dan terang. Ketika karang berwarna gelap di dalam gambar artinya posisinya dangkal dan terang artinya lebih dalam.

"Seumur-umur saya baru tahu ada kapal dengan gambaran sebesar itu, kalau dilihat posisinya dia memanjang dari bagian belakang berada di pososi Barat Daya ke Timur Laut di bagian depan. Saya juga kaget, karena dari orang tua dulu juga enggak ada cerita, kalau lokasi itu banyak ikan memang iya, spot ideal pemancing," ujar dia.

Misterius! Penampakan Kapal Karam di Google Map Dicek:

(sya/mso)