Indramayu Satu-satunya Daerah di Jabar Bisa Amati Gerhana Matahari Cincin

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 11:09 WIB
Gerhana matahari cincin (Dok BMKG)
Foto: Gerhana matahari cincin (Dok BMKG)
Bandung -

Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin bakal terjadi hari ini, Minggu (21/6/2020). Sejumlah daerah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena alam tersebut. Di Jawa Barat kejadian alam itu hanya bisa diamati di wilayah Indramayu.

"Gerhana matahari cincin bisa diamati di seluruh Indonesia, kecuali di Banten, DKI dan DIY," kata Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya via pesan singkat, Minggu (21/6/2020).

Untuk di wilayah Jawa Barat, kata Tony, Gerhana Matahari Cincin hanya dapat dilihat di Indramayu. "Di Jawa Barat hanya bisa diamati di Indramayu Utara," ucap Tony.

Di perkirakan fenomena alam itu bisa mulai diamati sekitar pukul 15.00 WIB dengan durasi selama lima menit.

"Di Indramayu, awal gerhana Pukul 15.11 WIB, puncak gerhana Pukul 15.14 WIB, kontak akhir Pukul 15.16 WIB. Durasi gerhana 5 menit, magnitudo gerhana kurang dari 1 % persen bagian matahari yang tertutup bayangan bulan," ujarnya.

Untuk diketahui, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

(wip/mso)