Mancing Mania Cerita soal Lokasi 'Kapal Karam' di Pantai Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 20:53 WIB
Kapal Karam di Sukabumi
Penampakan benda mirip kapal karam yang terekam Google Maps di Pantai Cibangban Sukabumi. (Foto: tangkapan layar Google Maps)
Sukabumi -

Jaka, warga Cisolok Sukabumi, membenarkan soal area adanya benda mirip kapal karam di Pantai Cibangban yang terekam citra satelit Google Maps. Bagi warga setempat, benda itu sebutannya ialah badong.

Menurut pria yang hobi mancing tersebut, di lokasi tersebut memang dikenal dengan spot mancing. Bahkan sejak 2017, ia sengaja memasang penanda di lokasi itu di aplikasi Google Maps miliknya agar memudahkan pemancing untuk menuju lokasi.

"Anehnya pada tahun 2017 itu tidak ada penampakan kapal itu. Saya memasang tanda itu hanya berdasarkan petunjuk para sesepuh atau orang tua dulu yang berprofesi sebagai nelayan. Tanda itu saya buat karena memang banyak ikan di situ," kata Jaka, Sabtu (20/6/2020).

Jaka menduga pada tahun 2017 benda itu masih tertutup pasir hingga tidak terlihat jelas di satelit. Ia juga mengaku kaget saat tiba-tiba muncul dan heboh pada 2020 ini.

"Saya dulu hanya berdasarkan cerita, benda itu disebutnya badong atau rumpon yang berasal dari kapal zaman dulu yang karam. Kalau rumpon kan buatan, kalau badong ya tempat kumpul ikan. Berfungsi mirip rumpon, tapi terbentuk dari kapal karam," kata Jaka.

Tanda yang dibuat Jaka memang berdekatan dengan posisi benda berbentuk mirip kapal karam yang terekam peta digital Google. Ada tiga tanda dibuat Jaka, masing-masing ia berikan nama 'Rumpon Plan 11' dan 'Cikembang'.

"Jarak paling dekat memang di Pantai Cikembang, sekitar 1,5 kilometer dengan waktu perjalanan menuju lokasi sekitar 15 - 20 menit menggunakan perahu. Tanda itu sengaja saya buat ketika bersama beberapa tamu pemancing ke lokasi tahun 2017. Spot ideal memancing, karena banyak ikan," tutur Jaka.

Tonton juga 'Jalur Sutra Natuna Simpan Harta Karun Kapal Karam':

[Gambas:Video 20detik]

(sya/bbn)