Misteri Wujud 'Kapal Karam' di Pantai Cibangban Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 15:19 WIB
Kapal Karam di Sukabumi
Penampakan benda mirip kapal karam yang terekam Google Maps di Pantai Cibangban Sukabumi. (Foto: tangkapan layar Google Maps)
Sukabumi -

Citra satelit Google Maps menangkap penampakan benda mirip 'kapal karam' di Pantai Cibangban, Sukabumi, Jawa Barat. Tangkapan layar di latar gambar itu tercantum tanda bertuliskan 2020 Google.

Sepanjang 2020 ini nelayan tidak mendengar dan melihat kapal tenggelam di pantai tersebut. Muncul dugaan penampakan wujud yang terekam citra satelit tersebut merupakan kapal usang.

"Tidak ada kapal baru yang tenggelam, belum ada informasi dari para nelayan. Kalau dilihat dari konstruksi foto Google-nya cukup gede ya, gede banget. Mungkin saja kapal tempo dulu, kapal perang atau kapal niaga gitu," kata Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi Ujang SB, Sabtu (20/6/2020).

Menurut Ujang, para nelayan belum mengetahui atau tak pernah menyampaikan kabar soal menemukan benda mirip kapal karam itu. "Enggak pernah ada informasi. Selama ini tidak ada informasi terkait masyarakat melihat di kedalaman air atau permukaan. Kalau dugaan, itu kapal tempo dulu, kapal Belanda atau kapal Portugis," tutur Ujang.

Berbeda disampaikan Dadang Romansyah (55), nelayan setempat. Ia pernah mendengar soal kabar kapal karam pada tahun 1960-1970.

"Lokasi tempat itu kalau ditarik garis lurus dari pesisir sekitar tiga kilometeran. Memang banyak ikan dan sudah diketahui oleh para nelayan. Setahu saya memang kapal karam, tapi jenisnya masih jadi perdebatan sampai sekarang," tutur Dadang.

Tonton juga 'Jalur Sutra Natuna Simpan Harta Karun Kapal Karam':

[Gambas:Video 20detik]

(sya/bbn)