Pemkot Rencanakan Bansos Tahap 2 dan 3 Disalurkan Bersamaan

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 18:06 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung -

Pemkot Bandung berencana salurkan bantuan jaring pengaman sosial bagi warga terdampak COVID-19 tahap kedua dan ketiga secara bersamaan diawal Bulan Juli mendatang.

Hal itu dilakukan Pemkot Bandung untuk mengejar keterlambatan pendistribusian bantuan. Seperti diketahui, keterlambatan penyeluran bantuan terjadi karena masalah teknis.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, penyaluran bantuan tahap pertama kepada warga yang masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan non DTKS sudah hampir selesai.

"Bandung itu sudah mendekati seratus persen (bantuan), tinggal kita memikirkan yang kedua dan ketiga, karena idealnya harus selesai itu bulan ini (Juni)," kata Ema di Balai Kota Bandung, Jumat (19/6/2020).

Ia mengungkapkan, Pemkot Bandung menganggarkan Rp 370 miliar untuk warga terdampak COVID-19 selama tiga bulan mulai dari April, Mei dan Juni. Namun, karena proses pendataan yang memakan waktu, proses penyalurannya pun menjadi terhambat.

"Seharusnya bantuan tahap pertama bulan Juni ini selesai, sekarang untuk jatah bulan Mei (bantuan kedua) belum tersampaikan, karena kemarin kita terus bergelut dengan data, masalahnya di sana kita tidak ingin salah sasaran, dan kita juga tidak ingin duplikasi, ada orang yang menerima dari provinsi dan dari kota itu tidak boleh," ungkapnya.

Bila penyaluran bantuan tahap pertama selesai di akhir Juni ini , pihaknya berencana menyalurkan bantuan tahap kedua dan ketiga di awal Juli secara bersamaan.

"Kenapa tidak untuk yang kedua ketiga sekaliguskan saja, sekarang pola sudah ada mudah-mudahan dalam distribusi ini akan jauh lebih baik dan lebih cepat lagi," pungkasnya.

(mud/mud)