5 Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya Saat Pandemi

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 12:31 WIB
Sejak pandemi COVID-19 (Corona), masyarakat mulai sadar akan kesehatannya. Salah satu cara mudah untuk memiliki tubuh sehat yakni dengan bersepeda.
Ilustrasi bersepedah (Foto: Rengga Sancaya)
Bandung -

Bersepeda saat ini tengah menjadi trend di masyarakat. Bahkan, dari trend ini ada banyak toko sepeda yang kebanjiran pembeli seperti di Kosambi dan Veteran Bandung.

Meskipun belum ada larangan bersepeda saat pandemi COVID-19, namun pencegahan dan penyebarannya harus tetap dilaksanakan saat bersepeda. Untuk menghindari kecelakaan dan menekan penyebaran COVID-19, Rannu Kaznu, selaku humas Komunitas Gowes Baraya Bandung berbagi tips aman mengayuh sepeda di jalan raya.

1. Periksa Kelayakan Sepeda

Baik bersepeda saat santai, olahraga, atau berangkat ke kantor, wajib untuk memeriksa kelayakan sepeda. Rannu mengatakan, kelayakan sepeda bisa dilihat dari tekanan ban, periksa rem depan dan belakang.

Dia juga memberikan tips cek cepat hanya dengan 20 detik untuk menjaga keselamatan diri dan orang. Metode ABC, A (air-udara) B (break-rem), dan C (chain-control/rantai-kontrol).

"Periksa tekanan angin pada ban, tekan dan pastikan rem berfungsi dengan baik, pastikan putaran rantai dan stang aman. Lakukan ini jika kita memiliki waktu yang terbatas atau sepeda memang dalam keadaan terawat secara rutin," katanya kepada detikcom Kamis (18/6/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3