Kabar Baik, Bayi Positif COVID-19 di Cirebon Sembuh

Sudirman Wawad - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 11:55 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Cirebon -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya dua pasien positif yang berhasil sembuh. Salah satunya bayi berusia 50 hari.

Juru Bicara GTPP COVID-19 Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana mengatakan tim medis telah mengambil sampel swab atau uji usap tenggorokan terhadap bayi berusia 50 hari sebanyak dua kali setelah dinyatakan positif. Hasilnya, secara berturut-turut negatif.

"Bayi 50 hari sudah dinyatakan sembuh. Gejala klinis COVID-19 sudah tidak ada," kata Nanang di COVID-19 Center Kabupaten Cirebon, Kamis (18/6/2020).

Sekadar diketahui, bayi 50 hari itu dinyatakan positif pada Sabtu (6/6) lalu. Bayi perempuan terinfeksi COVID-19 setelah dibawa ke hajatan pernikahan, sejumlah tamu hajatan berasal dari wilayah episentrum. Bayi tersebut sempat mengalami gejala diare, demam tinggi dan sesak napas.

Nanang menambahkan, untuk pasien kedua yang dinyatakan sembuh adalah, pasien ke-18. "Pasien sudah diizinkan untuk pulang dan isolasi mandiri selama 14 hari," katanya.

Dengan adanya dua pasien positif COVID-19 yang sembuh itu, dikatakan Nanang, total pasien yang sembuh di Kabupaten Cirebon mencapai 12 orang. "Tiga masih dirawat. Dua meninggal dunia, dan 12 sembuh," ucap Nanang.

Lebih lanjut, Nanang menyebutkan untuk tiga pasien yang masih menjalani perawatan, satu di antaranya hanya menjalani isolasi mandiri di rumah. "Dua pasien dirawat di rumah sakit. Satu pasien isolasi mandiri," ujarnya.

(mso/mso)