Terima Suap, Eks Bupati Indramayu Supendi Dituntut 6 Tahun Penjara

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 19:23 WIB
Suasana sidang tuntutan eks Bupati Indramayu
Suasana sidang tuntutan eks Bupati Indramayu Supendi (Foto: Istimewa).
Bandung -

Jaksa penuntut umum (JPU) KPK menuntut mantan Bupati Indramayu Supendi hukuman 6 tahun penjara. Supendi dianggap bersalah melakukan korupsi berupa menerima suap.

Sidang diselenggarakan secara virtual. Majelis hakim, JPU KPK hingga pengacara berada di ruang sidang Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (17/6/2020). Sedangkan Supendi dan dua terdakwa lain yakni Omarsyah (Kadis PUPR Kabupaten Indramayu) dan Wempi Triyoso (Kabid Jalan Dinas PUPR Kabupaten Indramayu) berada di lapas.

"Memohon majelis yang menangani perkara ini agar menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa Supendi dengan hukuman penjara enam tahun. Serta denda Rp 250 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti kurungan enam bulan," kata JPU KPK Kiki Ahmad Yani saat membacakan amar tuntutannya.

Selain Supendi, jaksa juga menuntut dua anak buah Supendi, Omarsyah dan Wempi Triyoso dengan tuntutan yang hampir sama. Omarysah dituntut enam tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider enam bulan penjara. Sementara Wempi Triyoso dituntut hukuman selama lima tahun dan denda Rp 250 juta subsider kurungan enam bulan.

Jaksa KPK menilai ketiganya terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sesuai dengan Pasal yang dilanggar yakni Pasal 12 huruf a Undang-undang Tipikor.

Dalam amar tuntutannya, jaksa KPK juga menyebut Supendi harus membayar uang pengganti senilai Rp 1,8 miliar atau diganti kurungan selama satu tahun. Jaksa KPK juga memberikan hukuman tambahan terhadap Supendi yaitu pencabutan hak untuk dipilih selama tiga tahun.

Pembayaran uang pengganti juga berlaku bagi Omarsyah dan Wempi Triyoso. Omarsyah diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 9,2 miliar atau diganti kurungan selama tiga tahun. Sementara Wempi diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 1,4 miliar atau diganti kurungan selama satu tahun.

Dalam tuntutannya, jaksa KPK juga membacakan hal meringankan dan memberatkan. Hal meringankan yakni para terdakwa bersikap sopan, menyesali dan mengakui perbuatannya.

"Hal memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi," katanya.

Seperti diketahui, Supendi didakwa menerima suap Rp 3,9 miliar berkaitan dengan proyek pembangunan di Indramayu salah satunya dari Carsa ES yang juga terpidana dalam kasus ini. Dalam prosesnya, lelang untuk pemenang tender diatur bagi perusahaan yang sudah memberikan duit ke Supendi.

(dir/mso)