Ridwan Kamil Sebut Pertanian Jadi Sektor Paling Tangguh Saat Pandemi

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 18:48 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Lembang -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan selama pandemi Corona pertanian menjadi sektor yang paling tangguh menunjang kebutuhan masyarakat.

Untuk itu pada tahun 2021 mendatang, arah kebijakan di Jawa Barat akan memprioritaskan pengembangan desa pertanian ditunjang dengan penerapan teknologi 4.0.

"Berdasarkan hasil kajian ekonomi Jabar tentang perekonomian, yang tangguh selama COVID-19 ini adalah ekonomi pertanian. Jadi akan kita arahkan pengembangan sektor pertanian 4.0," ungkap pria yang karib disapa Kang Emil itu saat ditemui di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (16/6/2020).

Teknologi yang bisa menunjang sektor pertanian misalnya pemberian makan dengan aplikasi di ponsel dan penyiraman pupuk cair pada tanaman dengan menggunakan drone.

"Jadi penerapan teknologi pada pertanian diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Semoga ini menjadi penyemangat Jabar menjadi lumbung ketahanan pangan nasional dengan kuat," terangnya.

Pihaknya juga bersinergi dengan kepolisian dan TNI terkait ketahanan pangan mengingat Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk yang paling banyak menyentuh angka 50 juta penduduk.

"Artinya ada 50 juta penduduk yang makan dengan ketersediaan pangan yang harus kita jaga keamanannya. Dan itu menjadi peran dari semua pihak termasuk polisi dan TNI," bebernya.

Selain itu, pengecekan kualitas produk pertanian dan pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat diperkuat dengan ketersediaan laboratorium di pasar tradisional dan pasar modern.

"Kita ada mini laboratorium di pasar untuk mengecek kualitas pangan. Misalnya jadi bisa membedakan daging celeng yang ilegal dengan daging sapi, kandungan formalin yang dilarang pada makanan, dan pengecekan kualitas lainnya," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2