Kontak Dengan Pasien Positif, 26 Pegawai RSUD Sumedang di Swab Test

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 15:09 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Sumedang -

Sebanyak 26 petugas di RSUD Sumedang menjalani swab test. Tes itu dilakukan setelah adanya seorang warga yang diketahui positif Corona berobat jalan ke rumah sakit daerah tersebut.

Kepala Humas RSUD Sumedang Iman Budiman mengatakan, sebelumnya ada seorang warga Kecamatan Darmaraja yang melakukan berobat jalan. Pasien tersebut ternyata positif Corona berdasarkan hasil swab test.

Demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebanyak 26 orang terdiri dari tenaga medis dan administrasi yang bertugas di poli rawat jalan menjalani swab test.

"Tes swab ini dilakukan sebagai dampak dari salah satu pasien yang minggu kemarin hasil swabnya positif (COVID-19). Sehingga otomatis hari ini teman-teman kami yang kontak langsung dengan pasien tersebut dilakukan swab test," kata Iman saat ditemui di RSUD Sumedang, Senin (15/6/2020).

Sebelum menjalani swab test, puluhan petugas tersebut juga melakukan isolasi mandiri sejak Sabtu (13/6/2020). Mereka juga akan diminta melakukan isolasi mandiri setelah swab test.

"Kami instruksikan isolasi mandiri. Ya mudah-mudahan nanti semua hasilnya (swab) negatif," katanya.

Iman mengatakan Poli THT (Telinga Hidung Tenggorokan) diliburkan selama satu minggu. Sedangkan untuk poli bedah, minggu ini hanya dibuka pada hari Selasa dan Kamis.

"Itu pun baru sementara, tergantung nanti setelah hasil swab keluar," ucap Iman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaiman menambahkan, pihaknya akan melakukan penelusuran terhadap tenaga kesehatan yang bekerja melayani pasien positif tersebut. Hal itu dilakukan agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas.

"Ada kontak dengan nakes, nakes itu kita tracing untuk memastikan bahwa ini takut ada transmisi penularan," ujar Dadang.

Dadang menambahkan jika hasil swab test ini negatif, 26 karyawan itu dapat bekerja kembali seperti biasa. Namun jika ada yang positif tidak menutup kemungkinan petugas tersebut akan langsung diisolasi.

"Kalo misalkan hasilnya negatif ya bekerja lagi, kalo hasilnya positif langsung kita isolasi dan kita tracing," ujarnya.

(mso/mso)