PPDB Kota Bandung Jalur Prestasi dan Afirmasi Dibuka Hari Ini

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 09:39 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto: Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Bandung -

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD dan SMP di Kota Bandung resmi dibuka hari ini, Senin (15/6/2020). Jalur pendaftaran yang dibuka untuk jalur prestasi dan afirmasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Cucu Saputra menjelaskan tahun ini PPDB digelar secara daring. Sedangkan untuk jalur pendaftaran bagi SMP, pihaknya telah menyediakan empat jalur mulai dari prestasi, afirmasi, jalur zonasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua. Sedangkan bagi peserta didik SD dikecualikan jalur prestasi.

"Ya, hari ini dibuka pendaftaran PPDB jalur prestasi dan afirmasi, teknisnya dalam daring saja tidak harus datang ke sekolah," kata Cucu kepada detikcom, Senin (15/6/2020).

Dia menjelaskan, pada jalur pendaftaran prestasi, orang tua dan peserta didik dipersilahkan memilih sekolah yang dituju. Siswa dapat memilih dua sekolah negeri yang di dalam dan luar zonasi.

"Meskipun begitu, jika nantinya peserta didik gagal masuk di tahap ini, masih bisa daftar di jalur zonasi atau perpindahan orang tua," katanya.

Sedangkan untuk jalur afirmasi, siswa berhak memilih SMP negeri di dalam atau di luar wilayah zonasi dengan radius terdekat. Atau memilih SMP swasta yang telah masuk ke dalam sistem PPDB daring Disdik Kota Bandung.

Dia mengatakan pihaknya telah melakukan proses pendataan pada masa tahapan PPDB Kota Bandung. Dalam tahapan pendataan ini, calon peserta didik memasukkan data pribadinya dan berkas persyaratan secara daring melalui ppdb.bandung.go.id.

Setelah seluruh data dilengkapi, orang tua dapat menentukan pilihan sekolah dengan memasukkan username dan password yang sebelumnya telah dibuat. Pendaftaran jalur prestasi dan afirmasi ini, dibuka pada 15 hingga 19 Juni 2020 dan akan diumumkan pada 22 Juni 2020. Setelah itu, dilanjutkan dengan pendaftaran jalur zonasi dan perpindahan tugas orang tua pada 22 hingga 26 Juni 2020.

(bbn/bbn)