Kasus Sunda Empire, Raden Rangga cs Diadili Pekan Ini

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 09:32 WIB
Raden Rangga Sunda Empire
Raden Rangga (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung -

Kasus kemunculan Sunda Empire memasuki babak baru. Raden Rangga Sasana cs segera masuk ke persidangan pada pekan ini.

Kepastian pelaksanaan sidang tersebut usai Pengadilan Negeri (PN) Bandung mendapat pelimpahan berkas perkara dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar. Sidang akan dilaksanakan pada Kamis 18 Juni 2020 pekan ini.

"Sidang pertamanya pada hari Kamis 18 Juni 2020," ucap Humas PN Bandung Wasdi Permana via pesan singkat, Senin (15/6/2020).

Wasdi mengatakan sidang nantinya akan berjalan melalui virtual. Para terdakwa yakni Rangga Sasana, Nasri Banks dan Ratna Ningrum akan tetap berada di tahanan.

"Sidang akan dipimpin oleh Benny Eko Supriyadi sebagai ketua majelis didampingi Mangapul Girsang dan Asep Sumirat Danaatmaja selaku anggota majelis," tuturnya.

Dalam berkas yang diterima oleh PN Bandung, ketiga terdakwa didakwa beragam pasal. Mulai dari dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dakwaan kedua Pasal 14 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sekadar diketahui, kehadiran Sunda Empire bikin heboh seantero negeri. Kelompok ini mengaku bisa mengendalikan dunia dari Bandung.

Polisi pun bergerak dan berhasil menangkap para petinggi Sunda Empire. Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan Nasri Banks selaku perdana menteri, Rd Ratna Ningrum selaku kaisar atau ibunda ratu agung dan Rangga Sasana sebagai tersangka.

Mereka ditetapkan tersangka lantaran menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran sesuai Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

(dir/bbn)