Rindu Anak Papua, Ridwan Kamil Unggah Foto Main Bola Bareng di Pangandaran

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 21:40 WIB
Postingan Ridwam Kamil mengungkapkan kerinduan terhadap warga Papua
Momen Ridwan Kamil bermain bola dengan anak Papua di Pangandaran (Foto: Istimewa)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan kerinduan ke anak-anak Papua di tengah Pandemi COVID-19. Guna mengobati kerinduan itu, dia mengunggah aktivitasnya bermain sepak bola bareng anak muda Papua.

Aktivitas main sepak bola itu diunggah Kang Emil sapaan akrabnya di akun Instagram peibadinya pada Minggu (14/6/2020). Dalam foto yang diunggah, Emil mengenakan rompi merah, tampak menghindari tackel dari tim lawan yaitu anak-anak Papua yang mengenakan rompi kuning.

"Beberapa waktu ke belakang, saat mengajak piknik dan bermain bola di Pangandaran dengan anak-anak Papua yang bersekolah di Jawa Barat," tulis Emil dalam unggahannya itu.

Mantan Wali Kota Bandung itu juga turut mendoakan warga Papua tetap sehat meski tengah menghadapi pandemi COVID-19.

"Di situasi covid ini, semoga warga Papua baik-baik saja juga warga Jawa Barat di Papua juga selalu jaga kesehatan dan taat pada aturan pemerintah setempat dan aturan protokol selama pandemi ini," katanya.

Melalui keterangan resminya, Kang Emil mengaku tak sengaja menemukan foto lama. Menurutnya, foto diambil saat tengah mengajak anak-anak Papua yang bersekolah di Bandung liburan ke Pangandaran.

"Itu foto beberapa waktu lalu. Saya mengajak anak-anak Papua yang bersekolah dan kuliah di Bandung wisata ke Pangandaran. Situasi Covid-19 saat ini mengingatkan lagi soal kebersamaan ini," tuturnya.

Kang Emil mengaku hubungannya dengan warga Papua sangat dekat. Bahkan, sejak tahun 2014, dia diangkat sebagai anak adat saat itu menanam pohon di rumah kepala suku di Wamena.

"Jadi, ada memori pribadi terlebih di situasi saat ini. Kita doakan agar COVID-19 cepat pulih. Kita kembali membangun sama-sama, warga Sunda, warga Jawa Barat dan Papua. Insya Allah kita jaga, kita ingin maju sama-sama sebagai NKRI," kata dia.

(dir/mud)