Cegah Lonjakan Penumpang KRL, Pemkot Bogor Siapkan 30 Bus Gratis

M Solihin - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 19:05 WIB
Pemkot Bogor sediakan bus gratis untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KRL
Pemkot Bogor sediakan bus gratis untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KRL (Foto: M Solihin)
Bogor -

Sebanyak 30 bus disediakan di Stasiun Bogor untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KRL tujuan Jakarta. Bus ini disediakan secara gratis dan akan mengantar penumpang ke beberapa titik di Jakarta.

"Kita antisipasi ada lonjakan yang lebih tinggi lagi dari minggu lalu, karena besok itu ada beberapa sektor lagi yang di buka termasuk mal di Jakarta. Jadi besok ada 30 bus khusus di Stasiun Bogor untuk mengangkut (warga) ke 5 titik di Jakarta, seperti manggarai, sudirman dan lain-lain," kata Wali Kota Bogor Bima Arya usai meninjau Stasiun Bogor, Minggu (14/6/2020).

Bima menyebut, puluhan bus ini merupakan bantuan dari DKI Jakarta untuk mengangkut penumpang KRL yang rata-rata merupakan pekerja di Jakarta.

"Saya berterima kasih kepada Pak Gubernur, Pak Anis, ya beberapa waktu lalu saya bertemu dan memohon bantuan bis, alhamdulillah dikabulkan," kata Bima.

Untuk jadwal pemberangkatan, kata Bima, bus-bus ini akan berangkat setiap 15 menit sekali dan mengantar penumpang ke beberapa titik di Jakarta. Titik pemberangkatan sendiri berada di Stasiun Bogor.

Meski demikian, Bima menghimbau kepada warga Bogor yang bekerja di Jakarta agar berangkat lebih cepat. Agar tidak ikut dalam penumpukan penumpang pada Senin pagi. Sebab menurut Bima, lonjakan dan penumpukan penumpang akan terjadi besok.

"Saya berharap warga yang biasa berangkat Senin pagi, berangkatnya hari ini. Nah ini tadi saya cek secara random ya, banyak warga Bogor yang berangkat hari ini, sementara kerjanya besok, ini mereka menghindari penumpukan," ungkap Bima.

"Jadi saya harap ya untuk warga Bogor, agar lebih cepat berangkat, kereta terakhir hari ini kan jam 9, supaya besok tidak ikut dalam penumpukan, saya kira besok itu lonjakannya kembali tinggi," imbuhnya.

(mud/mud)