Belum Masa Kampanye, Spanduk Balon Bupati Bandung Ditertibkan

Muhammad Iqbal - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 09:01 WIB
Petugas Satpol PP menurunkan reklame berisi kampanye Pilbup Bandung
Petugas Satpol PP menurunkan reklame berisi kampanye Pilbup Bandung (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung menertibkan spanduk yang bernada kampanye. Spanduk tersebut dinilai melanggar karena belum masuk masa kampanye Pilbup Bandung.

"Kami dapat laporan dari warga dan pemilik papan reklame terkait spanduk tersebut," ujar salah satu petugas yang tidak mau disebutkan namanya, Sabtu (13/6) malam.

Beberapa petugas terlihat menaiki papan reklame yang berada di Jalan Raya Sayati, Kabupaten Bandung. Arus lalu lintas pun sempat tersendat ketika spanduk diturunkan.

"Spanduk yang kami tertibkan ini sudah melanggar, pertama sekarang belum masuk masa kampanye," ujar petugas tersebut.

Ada dua spanduk yang berhasil ditertibkan oleh Satpol PP malam itu. Menurut keterangan warga sekitar, spanduk tersebut sudah ada sebelum memasuki masa lebaran. Spanduk tersebut pun diduga dipasang pada malam hari.

Seperti yang dilihat detikcom, di spanduk tersebut bertuliskan ucapan di hari raya idul fitri. Kemudian, di bawah salah satu foto bertuliskan "Bakal Calon Bupati 2020-2025".

Hal tersebut pun dibenarkan oleh petugas tersebut. "Bisa dilihat, di sana kelihatan ada tulisan bakal calon bupati, itu sudah melanggar," kata petugas tersebut.

Selain masuk masa kampanye, spanduk tersebut tidak ada ijin dari pemilik papan reklame. Kemudian, spanduk tersebut tidak ada tanda cap resmi pemerintah sebagai tanda telah membayar pajak.

"Kalau pemiliknya nanti menanyakan, atau tim suksesnya mencari, spanduk ini kami simpan di kantor Satpol. Silakan ambil ke kantor," pungkasnya.

Tonton juga video 'Mendagri: Corona Bisa Jadi Isu Adu Gagasan Calon di Pilkada':

(mud/mud)