Berita Jabar Sepekan: Syifa Kabur ke Garut-Sekolah di Jabar Tahun Depan

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 21:16 WIB
Syifa gadis cantik yang hilang
Syifa ditemukan di Garut/Foto: Dokumentasi orang tua
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jabar selama sepekan kemarin. YouTuber Ferdian Paleka yang bebas dari bui masih menjadi perhatian publik. Masyarakat penasaran apa alasan transpuan yang menjadi korban prank Ferdian memaafkannya.

Selain itu angka kehamilan di Jabar yang meningkat selama pandemi membuat khawatir Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Saran sang gubernur pada para suami pun mendapat reaksi beragam. Selain dua berita ini, sejumlah berita menarik lainnya akan kami rangkum di bawah ini:

9 Hari Kabur dari Rumah, Gadis Cantik Asal Bandung Ditemukan di Garut

Gadis cantik asal Kota Bandung, Syifa Aafiyah (18) yang hilang pada Rabu (3/6) lalu berhasil ditemukan tim Subdit 1 Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/6) lalu. Syifa meninggalkan rumah sambil mengendarai motor matic dan membawa BPKB motor dan dua buah ATM milik ibunya.

Syifa ditemukan di sebuah rumah kontrakan di Kabupaten Garut. "Dia ngontrak sendiri," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso saat dikonfirmasi, Jumat (12/6) kemarin.

Erlangga mengungkapkan, Syifa minggat dari rumah karena ada masalah dengan orang tuanya. "Terkait keluar rumah, ada permasalahan keluarga dengan pihak ibunya. Perlu kita dalami apa yang jadi masalah dan keluhan Syifa," ungkapnya.

Ia menambahkan, kondisi Syifa saat ini sudah sehat. "Kondisi saat ini, dalam jasmani sehat. Namun perlu dilakukan assessment," tambahnya.

Saat ini, Syifa akan dilakukan assessment terlebih dahulu oleh unit perlindungan anak Pemerintah Provinsi Jabar.

"Kita ada P2TP2A dinas provinsi Jabar yang sementara menjembatani permasalahan. Karena dia ada masalah dengan ibunya. Nanti setelah assessment," kata Erlangga.

Permasalahan inilah yang memicu Syifa pergi dari rumah pada Rabu (3/6) lalu. Menurut Erlangga, Syifa memang sudah berniat untuk pergi dari rumah.

"Ya sudah ada niatan memang untuk pergi dari rumah," katanya.

Ketua UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AKB Anjar Yusdinar menuturkan, Syifa sudah berada di Rumah Aman untuk korban kekerasan yang dikelola DP3AKB.

"Jadi gini terkait dengan klien ini atau korban Syifa ini kami menerimanya itu dari Polda Jabar, jadi memang yang mencari dan menerima itu pihak Polda Jabar, Saat ini kami melakukan pendalaman kasus, Polda Jabar bekerjasama dengan kami, untuk melihat penyebab Syifa ini kabur dari rumah," ujar Anjar.

Anjar menuturkan, pemeriksaan akan melibatkan tim psikologis untuk menguak motif Syifa. Santer beredar kabar, Syifa memiliki sedikit permasalahan dengan orang tuanya.

"Kami juga sedang mencari tahu itu, siapa tahu ada hal yang diterima Syifa dalam bentuk kekerasan fisik atau non-fisik, kami pelajari dulu sebelum kita memutuskan treatment-nya seperti apa," kata Anjar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5