Masuk Zona Biru, Bandung Barat Akan Terapkan New Normal

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 16:57 WIB
Bupati Bandung Barat cek kesiapan objek wisata sebelum dibuka besok
Bupati Bandung Barat Aa Umbara cek kesiapa protokol kesehatan di lokasi wisata Lembang (Foto: Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan tidak akan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) parsial di wilayahnya. Apalagi, saat ini Kabupaten Bandung Barat masuk zona biru.

PSBB parsial di KBB sendiri berakhir pada Jumat (12/6/2020) pukul 23.59 WIB. Namun Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan PSBB tidak perlu diperpanjang lantaran kasus positif di wilayahnya sudah berkurang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB, saat ini ada 65 orang positif Corona Virus Disease atau COVID-19. Rinciannya 20 orang positif aktif, 43 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

"Tidak ada perpanjangan PSBB lagi. Karena kita tahu kasus positif di KBB ini sudah semakin berkurang dan yang sembuh semakin banyak," ungkap Umbara saat ditemui di Lembang, Jumat (12/6/2020).

Saat ini pihaknya fokus menyiapkan penerapan era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Salah satu bentuk kesiapan menerapkan new normal itu ditandai dengan pembukaan objek wisata, hotel, dan restoran di kawasan Lembang, Sabtu (13/6) besok.

"Kita fokus ke new normal saja. Besok kita buka objek wisata tapi ada batasan pengunjung. Hari ini dicek dulu kesiapan pengelola dan semua sudah siap," ucapnya.

Kendati sudah tidak menerapkan PSBB parsial, Umbara tetap meminta agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Tetap harus menerapkan protokol kesehatan, karena pencegahan masih penting dilakukan. Terutama buat yang mau berwisata di KBB. Saat ini KBB sudah di zona biru mudah-mudahan jadi zona hijau, jangan malah jadi zona kuning," ujarnya.

(mso/mso)