Mulai Dibuka Besok, Bupati Bandung Barat Cek Kesiapan Objek Wisata

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 12:47 WIB
Bupati Bandung Barat cek kesiapan objek wisata sebelum dibuka besok
Bupati Bandung Barat cek kesiapan objek wisata sebelum dibuka besok (Foto: Whisnu Pradana)
Lembang -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melakukan pengecekan sejumlah objek wisata di Lembang untuk melihat kesiapan pengelola sebelum menerima kunjungan wisatawan.

Aa Umbara sendiri memastikan jika objek wisata, restoran, dan hotel di Kabupaten Bandung Barat, terutama wisata outdoor di Lembang yang jadi primadona akan dibuka mulai Sabtu (13/6/2020) pagi.

"Untuk pembukaan wisata besok akan dilaksanakan, kita buka sedikit-sedikit dulu sambil melihat kondisi. Lalu dievaluasi setiap minggu biar tetap aman," ungkap Umbara saat ditemui di Lembang Jumat (12/6/2020).

Pihaknya meminta agar pengelola wisata menerapkan protokol kesehatan di pintu masuk dan di bagian dalam. Seperti melakukan pengecekan suhu, menambah wastafel, dan membatasi pengunjung maksimal 30 persen.

"Tadi dicek ke Farmhouse dan Terminal Wisata Grafika Cikole. Sudah bagus persiapannya hanya perlu ditambah pos siaga COVID-19 di pintu masuknya, ada pengelola, TNI-Polri, dan Dinkes yang disiagakan," katanya.

Pengelola wisata harus bisa mengurai kerumunan di dalam objek wisata. Selain itu spot-spot swafoto wajib dibersihkan dengan disinfektan setiap hari lantaran menjadi titik berkumpulnya pengunjung.

"Seperti kursi sudah dibatasi dengan selotip, spot selfie diawasi dan selalu dibersihkan. Pengelola harus proaktif mengimbau pengunjung menerapkan protokol kesehatan," bebernya.

Pengelola wisata Farmhouse Ferry Tristianto mengatakan pihaknya siap membuka objek wisata pada Sabtu besok. Saat ini semua spot di objek wisata yang dimilikinya sudah disterilisasi dengan disinfektan.

"Kita siap membuka wisata besok dan protokol kesehatan jadi prioritas. Kita tambah wastafel dan sediakan pengecekan suhu di pintu masuk. Sudah disepakati maksimal 30 persen kunjungan wisatawan," katanya.

Tonton juga video 'Pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur Akan Dibatasi':

(mud/mud)