Dinsos Banten Sebut Warga Punya Mobil Bisa Terima Bansos COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 18:51 WIB
Poster
Ilustrasi bansos (Foto: Edi Wahyono)
Serang -

Dinas Sosial Banten mendapati di lapangan warga memiliki rumah layak dan mobil menjadi penerima bansos. Pasalnya, mereka termasuk dalam ketegori terdampak Corona.

"Perlu disampaikan bahwa penerima manfaat rumahnya tembok ada mobil dimungkinkan menerima bantuan ini, karena bisa saja mereka pegawai swasta dirumahkan di luar tangungan perusahaan, kendaraan ada, mobil ada, mereka nggak punya cash in hand untuk beli beras," ujar Plt Sekdis Dinsos Banten Budi Darma dalam diskusi online bersama Ombudsman di Serang, Selasa (9/5/2020).

Kategori seperti ini menurutnya berhak menerima bantuan karena memang ada dan terimbas pandemi. Barang-barang mereka juga sulit dijual untuk membeli beras.

"Itu mereka berhak dapat, ini kenapa rumah gedong dapat, ini korban PHK bisa, cuti di luar tanggungan perusahaan, mobil mau dijual juga susah kondisi seperti ini, menjual aset kesulitan luar biasa dan itu terjadi di lapangan," paparnya.

Dinsos Banten sendiri menyalurkan bantuan berupa jaring pengaman sosial (JPS) ke 421 ribu kepala keluarga (KK). Bantuan Rp 600 ribu ke daerah yang PSBB dan Rp 500 ribu ke daerah non PSBB.

Sejauh ini, tahap pertama diberikan ke 84 ribu lebih KK. Sudah ada 96 ribu KK yang dibuatkan rekening dan siap disalurkan oleh perbankan. Total tahap pertama diberikan ke 181 ribu KK se-Banten.

(bri/mud)